Internasional

Diancam ISIS, Inggris Kirim 440 Pasukan ke Afghanistan

Pasukan Inggris di Afghanistan. (Foto: Getty Images).

London: Inggris mengirimkan 440 pasukan tambahan ke Afghanistan. Pengiriman pasukan tambahan ini untuk mengatasi ancaman teror yang berasal dari kelompok teror Islamic State (ISIS) di Afghanistan.

Menteri Pertahanan Inggris Gavin Williams mengatakan dirinya secara konsisten menerima informasi intelijen bahwa ISIS di Afghanistan memiliki hubungan langsung dengan kelompok-kelompok teroris di Inggris.

Williams menambahkan, dengan tambahan pasukan ini, jumlah tentara Inggris di Afghanistan menjadi 1.090.

"Apa yang kami lihat adalah ancaman nyata yang ditimbulkan kelompok-kelompok ini ke Inggris. Kami harus bertindak seperti yang akan dilakukan saat ini untuk memastikan tidak terjadi serangan seperti di Manchester di masa mendatang," ucap Williams, dilansir dari laman Express.co.uk, Senin 3 September 2018.

Dia menuturkan ada kekhawatiran ISIS dapat memicu serangan teroris lain di tanah Inggris seperti yang terjadi pada konser Ariana Grande di Manchester Arena Mei tahun lalu. Serangan tersebut menyebabkan 22 orang tewas dan 139 lainnya terluka.

Williams juga mencatat ancaman abadi dari Al-Qaeda. Dia mengindikasi kerja pasukan bersenjata di Afghanistan telah menggagalkan sejumlah plot serangan.

"Tindakan yang kami ambil di sini di Afghanistan berarti bahwa ada gangguan signifikan bagi mereka yang ingin menyakiti kami," tuturnya.

Pada 2014 Inggris menarik semua pasukan tempur dari Afghanistan, namun selama dua tahun terakhir ISIS telah menguasai daerah itu karena kehilangan tanah di Irak dan Suriah. Bulan lalu, Duta Besar Afghanistan untuk Inggris Said Jawad mengatakan beberapa anggota ISIS di negaranya memiliki paspor Negeri Ratu Elizabeth.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close