Dianggap Organisasi Boneka Cina, Trump Putuskan Hubungan dengan WHO

  • Whatsapp
Presiden AS Donald Trump

INDOPOLITIKA.COM – Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengumumkan bahwa negaranya secara resmi memutus hubungan dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), dalam jumpa pers di Gedung Putih, Jumat (29/5/2020) waktu setempat atau Sabtu dini hari WIB.

Keputusan ini merupakan bagian dari upaya Trump untuk “menghukum” Tiongkok yang menurutnya terlalu mendominasi WHO khususnya dalam pandemik Covid-19 yang telah menewaskan lebih dari 100.000 warga Amerika. Trump mengatakan WHO pada dasarnya telah menjadi organisasi boneka China.

Bacaan Lainnya

“Hari ini kami akan memutus hubungan kami dengan Organisasi Kesehatan Dunia dan mengalihkan dana ke lembaga-lembaga lainnya di seluruh dunia yang lebih pantas dan lebih membutuhkan bantuan kesehatan mayarakat,” kata Trump.

Dia juga menuduh Tiongkok telah menekan WHO untuk mengelabui dunia terkait virus corona. Padahal, iuran Tiongkok ke WHO hanya US$ 40 juta sementara AS membayar 10 kali lipat lebih dari angka itu, paparnya.

“China memiliki kendali penuh atas Organisasi Kesehatan Dunia meskipun hanya membayar USD40 juta per tahun dibandingkan dengan apa yang telah dibayar Amerika Serikat yaitu sekitar USD450 juta per tahun. Kami telah merinci reformasi yang harus dibuat dan terlibat dengan mereka secara langsung tetapi mereka menolak untuk bertindak,” kata Trump.

Ia mengatakan para pejabat China mengabaikan kewajiban pelaporan mereka tentang virus kepada WHO dan menekan WHO untuk menyesatkan dunia ketika virus itu pertama kali ditemukan oleh otoritas China.

“Dunia sekarang menderita sebagai akibat dari kecerobohan pemerintah Tiongkok,” ujar Trump.

WHO sendiri adalah badan khusus PBB, sebuah badan internasional independen yang bekerja dengan PBB. WHO tidak segera menanggapi permintaan komentar atas keputusan Trump tersebut. [rif]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *