Internasional

Diaspora Rumuskan Visi Indonesia di 2045

Pendiri FPCI, Dino Patti Djalal (tengah) di Jakarta, Sabtu 4 Agustus 2018. (Foto: Sonya Michaella)

Jakarta: Dalam rangka merumuskan visi, misi serta pondasi untuk Indonesia di tahun 2045, sejumlah organisasi di Indonesia menyelenggarakan Conference of Indonesian Diaspora Youth 2018.

Organisasi tersebut antara lain FPCI, Indonesian Diaspora Network, Persatuan Pelajar Indonesia Dunia, Pramuka Indonesia dan masih banyak lagi. 

"Generasi muda sekarang harus didorong agar mereka tahu Indonesia mau apa ke depannya. Kami memberikan pemerintah masukan dan juga buah pikir untuk visi Indonesia pada usia 100 tahun nanti," kata pendiri FPCI, Dino Patti Djalal, di Jakarta, Sabtu 4 Agustus 2018.

"Kita coba merumuskan Indonesia di 2045 nanti akan seperti apa. Yang penting, demokrasi Indonesia ini harus punya visi," lanjut dia.

Dino menambahkan, meski Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 menjadi pondasi negeri, namun perlu dirumuskan seperti apa visi dan misi Indonesia di usia 100 tahun nanti.

"Banyak topik yang akan kita bahas selama tiga hari di mana topik-topik tersebut bisa menjadi gambaran pemerintah di 2045 nanti," ungkap dia.

Topik-topik tersebut adalah identitas Indonesia di 2045, improvisasi demokrasi, perkembangan digital di 2045, masa depan ekonomi dan bisnis Indonesia, serta keamanan Indonesia di 2045.

Konferensi ini akan digelar selama tiga hari, dari 13 hingga 15 Agustus mendatang di Jakarta. Pemuda-pemudi dari 34 provinsi di Indonesia akan hadir, dan juga sejumlah Warga Negara Indonesia (WNI) yang sedang belajar di luar negeri.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close