Dibawah Komando Airin, PMI Tangsel Luncurkan Aplikasi Donor Darah Berbasis Elektronik

Ketua PMI Tangsel Airin Rachmi Diany bersama Wakil Walikota Pilar Saga Ichsan/ist

INDOPOLITIKA.COM – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dibawah kepemimpinan mantan walikota dua periode, Airih Rachmi Diany menghadirkan salah satu inovasi baru.

Ya, PMI memperkenalkan aplikasi donor darah elektronik yang semakin mempermudah masyarakat khususnya bagi para pendonor darah. Kartu ini akan menggantikan lembar manual jadwal donor yang biasa dibawa setiap kali hendak mendonorkan darah.

Ketua PMI Kota Tangsel, Airin Rachmi Diany menerangkan kartu berbasis elektronik ini diluncurkan agar dapat memudahkan para pendonor.

“Kalau pengalaman saya, kadang-kadang kalau mau donor kita lupa kapan terakhir mendonorkan darah. Padahal ada ketentuan yang mengatur kapan saatnya kita boleh mendonorkan darah kembali. Nah nanti bisa dilihat dengan kartu ini,” terang Airin ditemui di Kantor Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Tangsel, baru-baru ini.

Airin mengatakan, kartu ini akan menyimpan berbagai data yang dibutuhkan oleh setiap pendonor. Mulai dari golongan darah, nama pendonor, hingga jadwal donor darah.

Lanjut Airin, kartu elektronik memiliki sejumlah fitur. Seperti barcode yang akan diintegrasikan ke dalam sistem digital.

“Jadi akan memudahkan kita jika ingin mendonorkan darah, bisa di Tangsel, atau kabupaten/kota lainnya. Lalu bisa dimasukan ke dalam aplikasi handphone, karena biasanya kartu suka ketinggalan, tapi kalau handphone kan biasanya enggak akan ketinggalan,” tegasnya.

Dengan inovasi barunya ini, Airin berharap agar animo masyarakat untuk mendonorkan darahnya dapat meningkatkan kembali.

“Jadi kalau teman-teman ada yang belum punya, sampaikan, silakan datang ke kita (Kantor PMI) ya,” imbuhnya. [Red]


Ikuti berita menarik Indopolitika.com di Google News

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.