Terungkap…Ternyata Ini Alasan Warga Bantul Bubarkan Upacara Odalan Hindu

  • Whatsapp
Upacara Keagamaan di Bantul Dibubarkan

INDPOLITIKA.COM- Upacara keagamaan yang digelar oleh Paguyuban Padma Buwana di Mangir Lor RT 02, Sendangsari Panjang, Kabupaten Bantul terpaksa dihentikan karena tidak memiliki izin dari Ketua Rukun Tetangga (RT) setempat. Warga bahkan menilai Paguyuban tersebut tidak jelas aliran kepecayaannya.

Kapolres Bantul AKBP Wachyu Tribudi Sulistiyono mengatakan demi keamanan dan menjaga agar tidak terjadi bentrokan, maka aparat kepolisian melakukan pengamanan kepada sebagian warga maupun peserta upacara. Kata dia, yang dipermasalahkan oleh warga ini adalah izinya kepada RT.

Muat Lebih

“Memang dari warga masyarakat setempat mempertanyakan apakah sudah ada izin pendirian sebagai tempat upacara keagamaan ataupun ijin kegiatan keagamaan disitu. Kami dari kepolisian dan TNI berada disana untuk mencegah sekaligus mengamankan semua masyarakat supaya situasi terjaga dan kondusif,” ujar Wachyu.

Kata Wahyu, warga setempat mempertanyakam apakah Paguyuban Padma Buwana memiliki ijin pendirian sebagai tempat upacara keagamaan atau izin upacara keagamaan disana.  “Ya tadi masyarakat di sana meragukan tempat tersebut sebagai tempat ibadah maupun tempat melaksanakan kepercayaan atau keagamaan,” tandasnya.

Lanjut Wahyu, untuk menghilangkan keresahan warga terhadap Paguyuban Padma Buwana tersebut, dirinya akan berdiskusi dengan intansi terkait apakah paguyuban tersebut sudah terdaftar di Kemenag, dan apakah ada penyimpangan dari paguyuban tersebut.

Diketahui, upacara yang akan digelar Paguyuban Padma Buwana adalah Odalan. Odalan memiliki makna yang dipercaya akan membawa umatnya ke dalam sebuah kehidupan beragama yang lebih baik. Upacara odalan merupakan sebuah ritual untuk menghormati Dewa yang berada di sebuah Pura. Nah di situ ada situs atau Pura peninggalan Ki Ageng Mangir.[pit]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *