Internasional

Diduga Tutupi Kasus Pelecehan, Paus Fransiskus Didesak Mundur

Paus Fransiskus. (Foto: AFP)

Roma: Paus Fransiskus didesak mundur akibat tak segera mengambil tindakan terkait laporan terkait dugaan pelecehan seksual yang dilakukan Kardinal asal Amerika Serikat (AS).

Desakan ini keluar dari mantan Duta Besar Vatikan di AS Carlo Maria Vigano. Ia mengklaim, Paus Fransiskus tahu terkait kasus pelecehan seksual yang dilakukan Kardinal Theodore McCarrick.

"Dia (Kardinal McCarrick) harus mengakui kesalahannya. Paus Fransiskus harus menjadi orang pertama yang memberikan contoh baik kepada Kardinal dan Uskup, bukan menutupi," ujar Vigano, dikutip dari CBS, Senin 27 Agustus 2018.

Dikonfirmasi kepada Paus, ia bersikukuh tak akan berkomentar terkait desakan mundur tersebut. Ia juga tak mau mengomentari laporan itu.


Mantan Duta Besar Vatikan di AS Carlo Maria Vigano. (Foto: AFP)

"Saya tidak akan mengatakan apa pun terkait itu. Menurut saya tuduhan itu telah berbicara sendiri," ujar Paus Fransiskus.

Menurut Vigano, ia telah memberitahu Paus Fransiskus pada 2013 silam. Namun, dengan laporan tersebut, sanksi yang dijatuhkan terhadap Kardinal McCarrick malah dicopot oleh Paus Benediktus, paus sebelum Fransiskus.

Pada bulan ini, Pengadilan Penssylvania telah merilis dugaan pelecehan seksual yang dilakukan sekitar 200 pastor terhadap lebih dari 1.000 anak dalam 70 tahun terakhur.

Menurut laporan itu, ratusan pelecehan seksual tak berhasil diungkap karena gereja menutupi. Di tengah polemik laporan tersebut, Kardinal McCarrick mengundurkan diri.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close