PDI Perjuangan

Digadang-Gadang Jadi Calon Kuat Ketua DPR, Puan Maharani: Keputusannya Akan Diputuskan Ibu Ketum

Indopolitika.com,JAKARTA–Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Puan Maharani digadang-gadang menjadi calon Ketia DPR RI periode 2019 – 2024. Pasalnya, partai besutan Megawati Soekarnoputri ini menjadi pemenang Pemilu 2019.

Saat dikonfirmasi, Puan Maharani membenarkan dirinya menjadi salah satu calon Ketua DPR RI periden 2019-2024. Namun hal itu masih menunggu keputusan ketua umumnya Megawati Soekarnoputri yang merupakan ibu kandungnya.

“Ya mungkin bisa jadi salah satu calon yang kuat. Baru salah satu calon yang kuat karena keputusannya akan diputuskan oleh ibu ketum,” ujar Puan di Gedung DPR, Jakarta, Sekasa (25/6).

Puan menambahkan, dirinya menjadi kandidat Ketua DPR juga berkat partai berlogo banteng moncong putih ini. Karena di Pemilu 2019 kader-kader partai berhasil menempatkan PDIP sebagai pemenang Pemilu 2019.

“Ya kan sesuai dengan proses pemilu yang lalu juga dan Alhamdulillah saya bisa mendapatkan suara terbanyak nasional,” ungkapnya.

Sebelumnya, Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PDIP Eriko Sotarduga menyebut nama Puan Maharani sebagai calon yang cukup kuat di internal partai untuk menduduki jabatan ketua DPR menggantikan Bambang Soesatyo karena habis masa jabatannya.

“Memang di internal kami belum ada pembicaraan resmi mengenai ini karena kami masih fokus pada penghitungan. Tetapi jujur ada diskusi di internal kami bahwa ada 5 hal yang membuat kenapa (posisi ketua DPR) menguat kepada Mbak Puan Maharani,” ujar Eriko.‎

Sekadar informasi, ‎KPU menempatkan PDIP sebagai partai dengan peraih suara terbanyak di Pemilu 2019. PDIP memperoleh suara sebesar 27.053.961 suara atau setara dengan 19,33 persen. Disusul Partai Geriakan Indonesia Raya (Gerindra) di posisi nomor dua dengen perlolehan suara 17.594.839 atau 12,57 persen.

Hasil pileg ini ditetapkan dalam Keputusan nomor 135/PL/KPU/V/2019 tentang penetapan presiden dan wakil presiden, DPR RI, DPRD tahun 2019. Hasil rekapitulasi KPU secara nasional ini terdiri dari perolehan suara di 34 provinsi dan 130 PPLN. Jumlah seluruh suara sah tercatat 139.971.260 suara.‎ (jp)

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close