Internasional

Dihantam Topan Jebi, Sejumlah Rumah WNI di Jepang Rusak

Imbas Topan Jebi saat menghantam wilayah Kobe pada 5 September 2018. (Foto: AFP).

Tokyo: Topan Jebi, topan terkuat selama 25 tahun terakhir yang melanda Jepang telah menewaskan 10 orang. Hingga saat ini, tidak ada laporan mengenai Warga Negara Indonesia (WNI) yang menjadi korban.
 
Baca juga: Topan Jebi Picu Evakuasi dari Bandara Kansai.
 
KJRI Osaka terus memantau perkembangan di sejumlah prefektur di Jepang barat di mana terdapat sekitar empat ribu WNI tinggal.
 
"Meski tak ada laporan korban tewas maupun luka, tempat tinggal sejumlah WNI mengalami kerusakan ringan akibat topan Jebi," sebut keterangan tertulis KJRI Osaka, kepada Medcom.id, Rabu 5 September 2018.
 
Sebagian wilayah mengalami pemadaman listrik dan pemutusan akses air pada saat Jebi menerjang. Transportasi publik seperti kereta dan penerbangan diberhentikan operasionalnya atau mengalami penundaan.
 
Sekitar tiga ribu orang terpaksa terdampar di Bandara Kansai karena pembatalan seluruh penerbangan dan terputusnya akses jalan darat menuju daratan utama Osaka akibat patahnya jembatan penghubung yang dihantam kapal tanker.
 
Pemerintah Jepang dalam hal ini terus mengupayakan evakuasi orang-orang terdampar di Bandara Kansai yang ditutup sementara operasionalnya akibat terendam banjir dan terputusnya pasokan listrik.
 
Sejak kemarin, KJRI Osaka telah mengeluarkan peringatan terkait bahaya dan dampak yang ditimbulkan dari topan Jebi serta imbauan kepada WNI khususnya di wilayah Jepang barat agar waspada, menjaga keselamatan diri dan mengikuti instruksi dari otoritas setempat.
 
KJRI Osaka terus mengikuti perkembangan secara dekat serta berkoordinasi dengan otoritas setempat terutama untuk mendapatkan informasi terkait kemungkinan adanya WNI yang terdampak parah akibat bencana angin topan ini. KJRI Osaka menyediakan jalur khusus atu hotline di nomor 0 (+81) 80 3113 1003 yang dapat dihubungi setiap saat (24 jam) khusus dalam keadaan darurat.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close