In Memori's

Dijuluki “Bapak Dirgantara”, Ini Empat Karya Fenomenal BJ Habibie

  • Whatsapp
BJ Habibie saat memperkenalkan salah satu pesawat karyanya.

INDOPOLITIKA.com- Sosok Presiden ke 3, Bacharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie, salah satu tokoh Indonesia paling berpengaruh. Tak hanya di dalam negeri, BJ Habibie juga berpengaruh di dunia. Kejeniusan serta karyanya begitu dikagumi dunia. Ia bahkan dijuluki sebagai “Bapak Dirgantara”. Sebuah pengakuan masyarakat akan kecerdasannya menciptakan pesawat.

Setidaknya ada empat karya fenomenalnya yang akan tetap dikenang dari sosoknya sampai kapanpun.

Baca Juga:

Pesawat R80~~BJ Habibie dikenal mahir dalam membuat pesawat. Banyak pesawat yang diciptakan oleh Habibie. Di antaranya ialah pesawat R80. Pesawat ini dirancang dengan teknologi terbaru dan super canggih dengan tingkat keamanan yang tinggi bagi penumpang. Tak seperti pesawat pada umumnya, Pesawat R80 yang dirancang PT Regio Aviasi Industri (RAI) ini dilengkapi dengan teknologi fly by wire yang menggunakan sinyal elektronik dalam memberikan perintah.

Pesawat N-250~~Karya lainnya, ialah Pesawat N-250. Pesawat penumpang sipil (airliner) regional komuter turboprop rancangan asli IPTN (Sekarang PT Dirgantara Indonesia, PT DI, Indonesian Aerospace), Indonesia. Menggunakan kode N yang berarti Nusantara menunjukkan bahwa desain, produksi dan perhitungannya dikerjakan di Indonesia atau bahkan Nurtanio, yang merupakan pendiri dan perintis industri penerbangan di Indonesia. Pesawat ini adalah ide dari Habibie.

Ikut Merancang C-130 Hercules~~BJ Habibie juga pernah ikut serta mendesain pesawat angkut militer TRANSALL C-130. Pesawat tempur ini punya empat turboprop sayap tinggi (high wing) yang bertugas sebagai pesawat angkut militer utama untuk pasukan militer di banyak bagian dunia. Mampu mendarat dan lepas landas dari runway yang pendek.

Awalnya pesawat ini adalah sebuah pengangkut tentara dan pesawat kargo yang sekarang ini juga digunakan untuk berbagai macam peran, termasuk infantri airborne, pengamatan cuaca, pengisian bahan bakar di udara, pemadam kebakaran udara, dan ambulans udara. Sekarang ini ada lebih dari 40 model Hercules, termasuk beberapa kapal senapan, dan juga digunakan di lebih dari 50 negara. Itulah salah satu karya Habibie.

Andil dalam Dornier Do 31~~BJ Habibie juga andil dalam terciptanya pesawat Do 31. Ini merupakan jet transportasi eksperimental VTOL Jerman Barat yang dibangun oleh Dornier. Do 31 dirancang untuk memenuhi spesifikasi NATO (BMR-4) untuk pesawat dukungan taktis untuk pesawat strike serangan VTOL VJ EWR 101 dirancang di bawah kontrak NATO dari BMR-3. Proyek ini dibatalkan pada tahun 1970 karena tingginya biaya, masalah teknis dan perubahan persyaratan. Namun ide Habibie pembuatan pesawat itu masih tercatat sampai sekarang. [asa]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *