Dimatikan di Era Gusdur Jabatan Wakil Panglima TNI Dihidupkan Kembali di Era Jokowi

  • Whatsapp
Ilustrasi Diaktifkan Kembali Wakil Panglima TNI

INDOPOLITIKA.COM- Presidien Jokowi memutuskan untuk menghidupkan kembali jabatan Wakil Panglima TNI yang sebelumnya sudah dimatikan oleh Presiden Abdulrahman Wahid atau Gusdur. Alasannya adalah agar memperkuat doktrin dan stategi militer.

Susunan Wakil Panglima ini sudah tertuang dalam Perpres 66 Tahun 2019 soal Susunan Organisasi TNI yang disahkan Jumat 18 Oktober 2019  lalu.

Baca Juga:

Dalam Perpres tersebut menjelaskan jabatan Wakil Panglima  ini akan ditempati oleh perwira tinggi TNI bintang empat. Pada pasal 13 ayat (1) Perpres tersebut menjabarkan wakil panglima menjadi unsur pimpinan yang membatu Panglima TNI Marsekal Hadi. Tjahyanto.

Sedangkan dalam Pasal 15 ayat (1), dijelaskan perannya. “Wakil Panglima merupakan koordinator pembinaan kekuatan TNI guna mewujudkan interoperabilitas atau Tri Matra Terpadu,” isi pasal 15 ayat (1) tersebut.

Perincian tugas wakil panglima di antaranya: Membantu pelaksanaan tugas harian Tjahjanto; Memberikan saran kepada Tjahjanto terkait pelaksanaan kebijakan pertahanan negara, pengembangan postur TNI, pengembangan doktrin, strategi militer, dan pembinaan kekuatan TNI, serta penggunaan kekuatan TNI; Sebagai pelaksana tugas Tjahjanto. Sesuai Pasal 201, pembentukan struktur organisasi baru dalam TNI ini, akan dilaksanakan secara bertahap. Sebab akan menyesuaikan anggaran dari negara yang dialirkan.

Wakil Panglima terakhir sebelum dimatikan oleh Presidien Abdurahman Wahid adalah Fachrur Razi yang sekarang menjabat sebagai Menteri Agama.[pit]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *