Din Syamsuddin Pesimis Pemindahan Ibu Kota Selesai Di Periode Kedua Jokowi

  • Whatsapp
Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia Din Syamsuddin

INDOPOLITIKA.COM- Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia Din Syamsuddin mengatakan, tidak yakin ibukota negara bisa dipindahkan dalam lima tahun kedepan. Hingga periode kedua berakhir, pemindahan ibukota diyakini tidak akan terwujud.

“Saya tidak tau persis apakah rencana itu akan mulus jalannya atau tidak. Tapi kalau mendengar pakar hukum dan pakar legislasi, saya kira itu tidak mudah terjadi. Paling tidak untuk periode presiden yang sekarang ini,” ujarnya (30/10)

Baca Juga:

Dia menegaskan, pemerintah harusnya menyampaikan secara menyeluruh pertimbangan pemindahan ibukota. Sehingga terjadi diskursus dan publik bisa memberi masukan. Dia tidak ingin keputusan itu gegabah.

“Harus ada pertimbangan. Jangan kita berbuat sesuatu tanpa berpikir terlebih dahulu,” katanya.

Menurut dia, perlu dilakukan kajian lebih jauh terkait rencana itu. Ibukota negara, kata dia, pemilihan calon ibukota baru harusnya memiliki alasan-alasan mendasar. Sebagai ibukota negara saat ini, Jakarta memiliki banyak sejarah, peristiwa sejarah heroik, keputusan politik era perjuangan yang harus juga dipertimbangkan.

“Disini ada nilai sejarah, budaya bahkan agama di Jakarta ini. Jangan sampai itu kemudian kita hilangkan,” ujarnya.[pit]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *