Dinilai Sukses, Pemerintah Janji Lanjutkan Kartu Prakerja Tahun Ini

INDOPOLITIKA.COM – Program kartu prakerja dinilai sudah sangat baik dalam dua tahun pertama pelaksanaannya. Untuk itu, Badan Keuangan Fiskal Kementerian Keuangan (BKF Kemenkeu) berjanji akan melanjutkan program tersebut pada tahun 2022 ini.

Kepala BKF Febrio Kacaribu mengatakan, kebijakan tersebut bertujuan untuk menekan jumlah pengangguran dan meningkatkan kompetensi calon pekerja saat mereka kehilangan pekerjaan.

“Kita akan lanjutkan. Karena kita lihat bukan saja itu memberikan buffer bagi pengangguran yang terpaksa harus kehilangan pekerjaannya, tetapi dia juga punya waktu beberapa bulan untuk melakukan peningkatan skill-nya,” ujarnya pada diskusi Dinamika Ekonomi Terkini dan Strategi Kebijakan Fiskal, (13/1/2022).

Melalui kartu prakerja ini, katanya, calon pekerja akan ditempa untuk mengasah kemampuan yang dasarnya. Dengan begitu, mereka akan mendapatkan peningkatan skill saat bekerja di tempat yang baru.

Berkaca pada alasan itulah pemerintah berkomitmen untuk melanjutkan program ini pada 2022.

“Dan itu sudah terbukti di 2021, walau pun kita menghasapi Delta varian sekarang unempolyement kita turun ke 6 persenan. Cuma belum mencapai level sebelum pandemi-nya. Ekonominya sudah mencapai di atas pra pandemi-nya, melebihi 2019. Penerimaan juga sudah total di atas pra pandemi, tetapi penganggurannya belum,” katanya.

Berdasarkan data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS), tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) pada Agustus 2021 mencapai 6,49 persen, atau turun 0,58 persen dibandingkan periode yang sama pada Agustus 2020.

Terdapat 21,32 juta orang atau 10,32 persen penduduk usia kerja yang terdampak Covid-19. [rif]

Bagikan:

Ikuti berita menarik Indopolitika.com di Google News


Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.