Dinkes Kabupaten Tangerang Ajak Puskesmas dan Fasilitas Kesehatan Antipasi Kasus Monkeypox

INDOPOLITIKA.COM – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang bekerja sama dengan beberapa puskesmas dan fasilitas kesehatan untuk mencegah penyakit monkeypox atau cacar monyet. Dinkes mengantisipasi sekaligus memantau masyarakat khususnya yang mengalami keluhan cacar monyet. Jum’at (3/11/2023).

Kepala Dinas Kesehatan dr. Achmad Muchlis, MARS menjelaskan, kasus cacar monyet sampai saat ini tidak ditemukan di Kabupaten Tangerang. Hal itu dilihat dari usaha pencegahan yang telah dilakukan berbagai pihak terutama tenaga kesehatan.

“Saat ini Alhamdulillah tidak ada kasus yang tercatat, kami semua beserta tenaga kesehatan terus berusaha dan memberikan penyuluhan agar masyarakat mengetahui apa saja yang tidak boleh dan dijauhkan agar terhindar dari cacar monyet,” ujarnya.

Dia mengimbau masyarakat yang mengalami gejala mirip cacar monyet agar melakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat. Masyarakat diminta tidak langsung menyimpulkan karena banyaknya kemungkinan penyakit lain yang bisa terjadi.

“Kami akan selalu update terkait kasus monkeypox ini jika ada yang terkena cacar monyet pasti akan kita publish. Seluruh fasilitas kesehatan seperti puskesmas dan rumah sakit juga sudah memiliki tim surveillance, dimana tim ini akan tracking di 29 kecamatan dan 44 puskesmas agar kami semua bisa waspada terhadap kasus tersebut,” jelasnya.

dr. Achmad Muchlis, MARS berharap dengan segala upaya yang dilakukan Dinas kesehatan bersama berbagai fasilitas kesehatan bisa menjadikan Kabupaten Tangerang terhindar dari penyakit menular seperti cacar monyet dan penyakit menular lainnya.

“Pasalnya cacar monyet merupakan penyakit menular yang bisa menjangkit siapa saja, karena itu saya berharap kepada masyarakat untuk bisa hidup sehat, tidak melakukan seks bebas dan bersentuhan dengan penderita monkeypox atau cacar monyet,” harapnya.

Sebagai informasi, Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang menyiapkan ruang isolasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Tangerang sebagai antisipasi apabila ditemukan pasien cacar monyet atau monkeypox.(Red)

Bagikan:

Ikuti berita menarik Indopolitika.com di Google News


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *