Dipimpin Erick, Ini Susunan Tim Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Bentukan Jokowi

  • Whatsapp
Menko Perekonomian Airlangga Hartanto

INDOPOLITIKA.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) membentuk tim khusus satuan tugas (satgas) atau gugus tugas untuk pemulihan ekonomi nasional dan penanganan corona. Jokowi memilih Menteri BUMN Erick Thohir sebagai pimpinan satgas tim pemulihan ekonomi ini.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pembentukan tim ini ditetapkan dengan ditandatanganinya Peraturan Pemerintah (PP) tentang penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional. Komite ini bertugas mengkoordinir kebijakan terkait penanganan Covid-19.

Berita Lainnya

“Siang tadi bapak Presiden memanggil tim dan beliau telah menandatangani PP terkait penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional,” ujar Airlangga di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Senin (20/7/2020).

Airlangga mengatakan berdasarkan PP tersebut, Presiden Jokowi menugaskan kepada komite kebijakan untuk melihat situasi perekonomian nasional, Perkembangan Covid-19, khususnya terkait ketersediaan peralatan tes, perkembangan vaksin dan antibodi, serta program perekonomian yang bersifat multiyears.

“Pak presiden memberi penugasan kepada Menko perekonomian untuk mengkoordinasiman tim kebijakan, dengan Wakil ketua pak Menko Kemaritiman dan Investasi, Menkopolhukam, Menko PMK, Menteri Keuangan, Menteri Dalam Negri dan juga di dalam itu dilengkapi Menteri Kesehatan,” ucap dia.

Menteri BUMN Erick Thohir, kata Airlangga, ditunjuk sebagai Ketua Satuan Gugus Tugas (Satgas) Perekonomian. Sementara Ketua Satgas Covid-19 masih dijalankan Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo.

“Pelaksananya diberi tugas kepada menteri bumn, pak Erick sebagai yang mengkoordinasikan Ketua Satgas Perekonomian, dan Ketua Satgas covid. Ketua Satgas Covid tetap dipegang pak doni, dan Satgas perekonomian pak Wamen BUMN, Budi Gunawan Sadikin,” kata Airlangga.

Salah satu alasan dibentuknya satuan tugas terkait pemulihan ekonomi adalah lamanya kemungkinan pandemi Covid-19 berakhir. Oleh karena itu, tim bertugas merencanakan dan mengeksekusi program agar penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi berjalan beriringan.

“Kita melihat bahwa recovery pandemi Covid akan memakan waktu. Oleh karena itu, Bapak Presiden memberikan penugasan agar Tim sepenuhnya merencanakan dan mengeksekusi program-program agar penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi ini berjalan secara beriringan dalam arti agar keduanya ditangani oleh kelembagaan yang sama dan koordinasi secara maksimal,” jelas Airlangga. [rif]

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *