Dirut PT Pelabuhan Indonesia II, Yakin Pelindo Akan Jadi Holding

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau IPC Elvyn G Masassya yakin Holding Pelindo akan terbentuk. Saat ini, Indonesia memiliki 4 perusahaan pengelolaan pelabuhan yaitu Pelindo I, Pelindo II, Pelindo III, dan Pelindo IV.

Menurutnya, holding ini sangat tepat untuk masa depan pelabuhan di Tanah Air. Sebab, keempat perusahaan pelat merah tersebut akan menjadi satu standarisasi.

Baca Juga:

“Saya sangat yakin Pelindo akan menjadi holding, dan bahkan suatu hari nanti hanya akan ada satu Pelabuhan Indonesia yakni Pelindo Incorporated yang mengelola pelabuhan dari Sabang sampai Merauke, tapi tentu ada regional-regionalnya,” tutur Elvyn di Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (20/11/2019).

Dia mencontohkan, jika di Pelabuhan Tanjung Priok dalam waktu satu jam dapat mengangkat 30 box, maka di pelabuhan daerah lain pun harus sama. Begitu pula dengan standar pelayanan yang lainnya, harus seragam. “Ini namanya standarisasi infrastructure, standarisasi operasional. Dan solusi yang paling cepat untuk itu adalah holding,” tukasnya.

Lebih lanjut, Elvyn mengaku, Pelindo bersama Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sedang melakukan kajian terhadap kebijakan tersebut. Kajian itu ditargetkan akan rampung dalam enam bulan mendatang.

“Pola holdingnya sendiri akan kita bahas secara lebih detail. Namun, sudah mulai mengerucut kalau holding ini akan lebih fokus pada holding pelabuhan dan dengan cara ini diharapkan pengelolaan pelabuhannya bisa lebih efisien,” tandasnya.[asa]

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *