Disemprot Jokowi, Kemenkes Bakal Tingkatkan Belanja Alkes Produk Lokal

dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid/net

INDOPOLITIKA.COM – Sekretaris Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi menyatakan pihaknya akan meningkatkan jumlah belanja produk alat kesehatan (alkes) buatan dalam negeri dalam setahun ini.

Hal itu Nadia sampaikan usai Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru-baru ini menumpahkan amarahnya terkait masih banyaknya kementerian, lembaga, pemerintah daerah yang masih gemar belanja barang impor. Kementerian Kesehatan salah satunya mendapat sorotan Jokowi terkait belanja impor alkes dan tempat tidur.

“Tahun 2022 ini melalui dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Dana Alokasi Khusus (DAK), belanja alkes dalam negeri ditingkatkan, dan produk alkes yang telah diproduksi di dalam negeri agar dapat masuk ke e-katalog,” kata Nadia kepada CNNIndonesia.com, Selasa (29/3).

“Kita terus mendorong penggunaan dari alat produksi dalam negeri untuk digunakan di rumah sakit,” imbuhnya.

Nadia melanjutkan, berdasarkan transaksi e-katalog alkes Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang atau Jasa Pemerintah (LKPP), terdapat setidaknya 10 alkes terbesar berdasarkan volume yang telah banyak diproduksi dan digunakan.

Di antaranya alat suntik (syringe), infusion set, surgical appare seperti coverall medis, surgical masker. Dan berdasarkan value transaksi terbesar seperti electric dan manual hospital bed, patient monitor, USG dan mobile x-ray yang sudah dapat diproduksi dalam negeri.

“Karena jenis alkes sangat banyak, maka ke depannya perlu ditingkatkan produk portofolio alkes produksi dalam negeri dengan memperbanyak produk alkes dengan teknologi menengah dan tinggi,” kelas Nadia.

Bagikan:

Ikuti berita menarik Indopolitika.com di Google News


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *