Diskominfo: Aplikasi Tangerang Gemilang Mudahkan Pelayanan Publik di Kabupaten Tangerang

INDOPOLITIKA.COM – Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Tangerang menggelar rapat koordinasi monitoring dan evaluasi pada domain arsitektur sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) di lingkup Pemerintah Kabupaten Tangerang guna memaksimalkan penyelenggaraan SPBE.

Kepala Diskominfo Kabupaten Tangerang, Nono Sudarno, mengatakan untuk memaksimalkan penyelenggaraan SPBE maka diperlukannya sinergi dengan seluruh perangkat daerah.

“Tentunya hal ini perlu didukung dengan adanya sinergi dengan tim koordinator serta seluruh perangkat daerah agar maksimal, sehingga nantinya dapat mewujudkan tata kelola pemerintah yang bersih, efektif, transparan dan akuntabel serta mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya,” katanya.

Nono berharap dengan terhimpunnya meta data dari setiap aplikasi yang ada di Kabupaten Tangerang maka akan bisa dipetakan sehingga dapat memudahkan integrasi layanan pemerintah dan mewujudkan Satu Data.

Hingga saat ini, Diskominfo mengelola sebanyak 40 server untuk memenuhi kebutuhan komputasi dan layanan hosting aplikasi bagi seluruh perangkat daerah.

Kepala Bidang Aplikasi Informatika pada Diskominfo, Cecep Khaerudin, mengatakan kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya untuk mengelola pembangunan aplikasi pada setiap perangkat daerah sehingga dapat terorganisir dengan baik.

“Nantinya perolehan data dan informasi yang kami dapat akan disususun matriks serta kami analisa untuk merumuskan pemanfaatan data dari masing-masing aplikasi tersebut,” katanya.

Pengelolaan SPBE ini meliputi domain aplikasi, domain infrastruktur, dan domain keamanan pada tiap perangkat daerah.

Cecep mengatakan hal ini dilakukan guna menghilangkan duplikasi aplikasi serta meningkatkan keselarasan perencanaan SPBE sehingga meningkatkan efektivitas dan efisiensi penerapan SPBE.

Kegiatan yang diselenggarakan selama dua hari yakni pada tanggal 20-21 Juni 2022 ini turut mengundang narasumber dari Kementrian PAN-RB dan Dinas Kominfo Provinsi Banten. Kementrian PAN-RB secara aktif dan berkelanjutan terus melakukan penilaian evaluasi SPBE bagi kementrian/lembaga/dan pemerintah daerah. [Red]


Ikuti berita menarik Indopolitika.com di Google News

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.