Internasional

Ditemukan Sekarat di Jalan, Seorang WNI Dipulangkan dari Arab Saudi

WNI yang ditemukan sekarat di Arab Saudi dan dipulangkan. (Foto: Dok. KJRI Jeddah)

Jeddah: Setelah empat tahun lamanya terbaring di rumah sakit, seorang Warga Negara Indonesia (WNI) yang tidak diketahui jelas identitasnya, akhirnya dipulangkan oleh KJRI Jeddah ke Indonesia.

Pihak KJRI Jeddah sempat memastikan apakah benar perempuan ini adalah WNI dengan mengajukan beberapa pertanyaan seputar Tanah Air. Perempuan ini pun bisa menjawab dalam bahasa Sunda dan Madura. 

KJRI Jeddah memperoleh informasi adanya WNI yang menderita stroke yang dirawat di rumah sakit. Menurut rumah sakit, WNI berjenis kelamin perempuan ini ditemukan dalam keadaan sekarat di jalan.

Lalu, ia dibawa ke Rumah Sakit King Fadh dan dirawat di sana selama dua tahun sebelum dipindahkan ke Rumah Sakit Al Shagar di mana ia dirawat juga selama dua tahun.

"Pihak rumah sakit juga tidak mengetahui identitas WNI ini karena dia hilang ingatan. Bicaranya tidak lancar dan juga bagian sebelah kanan tubuhnya sudah lumpuh," kata tim perlindungan WNI KJRI Jeddah.

Konsul Jenderal RI di Jeddah, Mohamad Hery Saripudin menyayangkan adanya sebagian WNI di Arab Saudi yang kurang menyadari pentingnya dokumen identitas, khususnya bagi mereka yang tak berdokumen resmi.

"Kasus seperti ini cukup menyulitkan KJRI untuk menelusuri identitas diri dan keluarganya di Indonesia," kata Konjen Hery, dalam keterangan tertulisnya kepada Medcom.id, Jumat 7 September 2018.

Pihak KJRI Jeddah pun menugaskan salah seorang staf untuk mendampingi WNI selama penerbangan dari Jeddah ke Jakarta. 

Sesampai di Jakarta nanti, akan ada penjemputan dari pejabat Kementerian Luar Negeri RI ke bandara. Selain itu, akan ada kerja sama terkait yaitu Kementerian Tenaga Kerja RI, Kementerian Sosial RI dan Kementerian Kesehatan RI untuk menelusuri asal WNI tersebut serta tindakan medis lanjutan usai tiba di Indonesia. 

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close