Dokter yang Merawat Menhub Tutup Usia, Begini Kondisi Budi Karya Setelah 14 Hari Dikarantina

  • Whatsapp
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi

INDOPOLITIKA.COM – Dokter Ketty Herawati Sultana, salah satu dokter yang sempat merawat Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, meninggal dunia.

dr Ketty yang tercatat sebagai anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Tangerang Selatan ini sempat dirawat di RS Medistra selama tujuh hari. Hasil tes swab menyatakan dia positif COVID-19.

Bacaan Lainnya

“Dokter Ketty bagian dari tim dokter di RS Medistra yang ikut merawat Menhub waktu itu sebelum dirujuk ke RSPAD,” kata Humas Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), Abdul Halik Malik, Ahad (5/4/2020).

Menurut halik, dr Ketty merupakan alumni Fakultas Kedokteran Universitas Atma Jaya yang bekerja di Rumah Sakit Medistra. “Usia beliau 60 tahun,” kata Halik.

PB IDI berharap masyarakat dan pemerintah semakin memperkuat solidaritas untuk memutus mata rantai penularan COVID-19. Bila masyarakat bertekad untuk menjaga diri dari COVID-19 juga bersedia melakukan asesmen mandiri apakah perlu mengisolasi diri atau dirawat di rumah sakit, maka situasi akan lebih baik. Bila penularan COVID-19 berkurang, tenaga medis juga bisa lebih ringan dalam bertugas.

“Beberapa rumah sakit memang tidak kita pungkiri ada tenaga kesehatan yang terpapar. Itu sudah ada yang dirumahkan atau diisolasi. Di tempat dr Ketty-pun demikian, juga dokter-dokter lain yang sudah gugur,” kata Halik.

Diketahui, Menteri Budi teridentifikasi virus corona sejak 14 Maret lalu. Jika dihitung hingga per hari ini, Budi seharusnya telah menyelesaikan masa karantina selama 14 hari.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati mengungkapkan kondisi terkini Menhub Budi Karya. Menurut Adita, hingga saat ini, kondisi Budi Karya semakin membaik. Bahkan, ia sempat berkomunikasi dengan Menhub lewat aplikasi pesan singkat.

“Kondisi pak Budi Karya baik-baik saja. Tadi pagi(Sabtu) masih komunikasi dengan saya via WhatsApp,” ujar Adita dalam pernyataan tertulis kepada wartawan pada Minggu (5/3/2020).

Adita pun meminta semua pihak agar selalu mendoakan Menhub Budi Karya, sehingga bisa cepat pulih. “Mohon doanya semoga beliau pulih total dan bisa beraktivitas kembali seperti biasa,” kata Adita.

Meskipun kesehatan pria 63 tahun itu sudah berangsur pulih, namun Budi masih harus dalam pemantauan dan perawatan.

“Belum pulang, masih dirawat di RSPAD (Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat),” jelasnya.

Sebelumnya, pria yang juga pernah memimpin PT Angkasa Pura II ini juga memposting sebuah video pada 2 April kemarin. Dalam video tersebut kondisiya telah terlihat lebih bugar, meskipun terlihat agak kurus. [rif]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *