Dorong Pemulihan Ekonomi Saat PPKM Darurat, Ini Langkah Strategis OJK

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengeluarkan kebijakan strategis dalam mendorong pemulihan ekonomi nasional pada masa Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang diberlakukan sejak 3 hingga 20 Juli 2021.

Langkah tersebut dilakukan OJK untuk mempertahankan momentum kebangkitan ekonomi dan menjaga stabilitas sektor keuangan.

Berita Lainnya

OJK meminta peran sektor jasa keuangan sebagai sektor esensial untuk turut serta mengawal pelaksanaan PPKM Darurat dalam operasi terbatas. Pegawai sektor jasa keuangan diharapkan dapat menerapkan protokol kesehatan yang ketat serta memanfaatkan teknologi digital/daring.

OJK juga mengimbau para pegawai sektor jasa keuangan yang sedang Work from Home (WFH) agar tetap berada di rumah dan menghindari mobilitas yang tidak perlu. Mereka juga diminta dapat membuka jalur komunikasi dengan nasabah atau debitur, terkhusus bagi sektor-sektor yang terdampak kebijakan PPKM Darurat.

Untuk mengawal distribusi vaksin berjalan dengan cepat dan baik, OJK menargetkan pekerja SJK dan masyarakat umum dapat memperoleh vaksin minimal 335 ribu warga sampai Juli 2021.

OJK juga mendorong lembaga keuangan agar mendirikan sentra vaksinasi bagi para pegawai dan konsumen SJK, serta mempercepat vaksinasi di daerah. Sementara dari sisi fiskal, OJK membutuhkan adanya percepatan belanja pemerintah pusat dan daerah sebagai langkah mempertahankan demand dan tingkat konsumsi masyarakat.

Tak ketinggalan, OJK juga memperingatkan ancaman siber terkait akselerasi hilir ekonomi dan keuangan digital. OJK mengharapkan adanya penetrasi layanan dan pasar keuangan.

“Peningkatan penetrasi layanan keuangan dan pendalaman pasar keuangan untuk menjaga stabilitas keuangan secara berkelanjutan, khususnya karena rasio aset IJK terhadap PDB dan rasio kredit terhadap PDB Indonesia yang masih rendah dibandingkan negara lain,” kata Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso dalam webinar ‘Mid Year Economic Outlook 2021’ di Jakarta, Selasa (6/7/2021).

Terakhir, OJK mendorong agar keuangan dapat berkembang secara sustainable untuk mendanai recovery economy dan mengurangi risiko iklim.(net)

Berita terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *