Dosen UIN Jakarta, Ismatu Ropi Diangkat Jadi Guru Besar Ilmu Perbandingan Agama

Gambar Gravatar

INDOPOLITIKA.COM – Pengajar Program Studi Agama-Agama , Fakultas Ushuluddin, UIN Jakarta Doktor Ismatu Ropi diangkat menjadi Guru Besar Ilmu Perbandingan Agama.

Pengangkatannya dituangkan dalam Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (SK Kemendikbudristek) Nomor 71879 Tahun 2021 tentang Kenaikan Jabatan Akademik/Fungsional Dosen.

“Terhitung mulai tanggal 1 Oktober 2021 (yang bersangkutan, red.) dinaikkan jabatannya menjadi Profesor/Guru Besar dalam bidang ilmu Perbandingan Agama, dengan angka kredit sebesar 904,50,” sebut Mendikbudristek Nadiem Makarim dalam SK yang ditandatangani 21 Oktober 2021 tersebut.

Dilandir dari laman resmi UIN Jakarta, Ismatu Ropi merupakan salah satu dosen UIN Jakarta yang berhasil meraih pangkat akademik pada Oktober ini. Lainnya, Doktor Kusmana yang diangkat menjadi Profesor Ilmu Tafsir.

Ismatu Ropi mengajar sejumlah mata kuliah bidang Perbandingan Agama. Di antaranya Pendekatan-Pendekatan Studi Agama, Islam dalam Kajian Barat, Kebijakan Pemerintah Agama, dan Agama Yahudi di Program Studi Agama-Agama Fakultas Ushuluddin. Di Sekolah Pascasarjana, ia mengampu mata kuliah Religious Movement, Radicalism and Terrorism.

Ropi sendiri merupakan alumnus Program Studi Perbandingan Agama IAIN Jakarta (kini, UIN Jakarta). Selanjutnya, ia menempuh pendidikan jenjang magister di McGill University dan jenjang doktoral di The Australian National University.

Dalam menyelesaikan pendidikan masternya tahun 1998, ia menulis tesis berjudul “Muslim Responses to Christianity in Modern Indonesia”. Sedang untuk doktoralnya, ia menulis “The Politics of Regulating Religion: State, Civil Society and the Quest for Religious Freedom in Modern Indonesia” (2012). Disertasinya bisa diakses di https://link.springer.com/book/10.1007/978-981-10-2827-4.

Disertasi yang ditulis di bawah bimbingan Profesor Greg Fealy itu diganjar ‘Ann Bates Postgraduate Prize for Indonesian Studies 2012’ dari The Australian National University (ANU). Penghargaan tersebut diberikan sebagai apresiasi penulisan disertasi terbaik (the most outstanding thesis) untuk studi-studi Indonesia di kampus tersebut.

Selain mengajar, Ropi juga memimpin lembaga riset Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat (PPIM) UIN Jakarta. Selain itu, ia juga aktif mempublikasikan tulisannya berupa buku, book chapter, dan artikel di berbagai jurnal dan bisa diakses di https://scholar.google.es/citations?user=JaR8YccAAAAJ&hl=ca.

Di tempat terpisah, Rektor UIN Jakarta Profesor Amany Lubis menyampaikan selamat atas pencapaian Profesor Ismatu Ropi. “Kami berharap capaian ini makin memotivasi Profesor Ismatu Ropi dalam menghasilkan karya-karya akademik bagi kemajuan UIN Jakarta dan masyarakat Indonesia,” harapnya. [dbm]

Bagikan:

Ikuti berita menarik Indopolitika.com di Google News


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *