DPD Dorong Biaya Pilkada Serentak Gunakan APBN

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Wakil Ketua Komite I Dewan Perwakilan Daerah (DPD ), Jafar Alkatiri beserta anggota lainnya melanjutkan rangkaian Kunjungan Kerjanya pada hari kedua di Mamuju, Sulawesi Barat.

Kunjungan tersebut dengan melakukan dialog bersama Wakil Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar) dan segenap jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompida) Provinsi sulbar serta Pimpinan KPU Provinsi, KPU Kabupaten, Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten yang akan menyelenggarakan kontestasi Pilkada Serentak 2020 yang akan datang.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Jafar Alkatiri yang berasal dari Dapil Sulut ini menuturkan, dalam Kunker ke Sulbar ini Komite I DPD RI fokus pada dua tema sentral, yakni pertama, persiapan Pilkada Serentak 2020 dan yang kedua, adalah penataan daerah sebagai amanat dari UU nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Menurut Jafar, Komite I DPD RI berkomitmen untuk terus mengawal proses demokratisasi dalam Pemilihan Kepala Daerah Serentak ini, sesuai dengan Tugas Pokok dan Fungsi serta kewenangan yang dimiliki oleh DPD RI.

“Ini semua kami lakukan dalam rangka memastikan bahwa proses demokratisasi ini dapat berjalan sesuai dengan asas demokrasi yang kita pilih, yaitu langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil serta dapat menghasilkan pimpinan-pimpinan daerah yang legitimate dan credible serta mampu mensejahterakan masyarakatnya,” paparnya.

Oleh sebab itu, Jafar menambahkan, Komite I DPD RI meminta pihak penyelenggara dan pengawas di 4 Kabupaten yang akan menyelenggarakan Pilkada Serentak 2020 di Sulbar untuk memaksimalkan ketersediaan anggaran yang sudah disepakati dalam Nota Perjanjian Hibah Daerah (NPHD).

“Kami sudah usulkan agar pilkada serentak berikutnya menggunakan anggaran dari APBN agar keuangan daerah tidak terbebani dan netralitas terjaga. Beberapa bagian dalam UU Pilkada harus direvisi dulu,” ucapnya. [rif]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *