DPR Minta Optimalisasi Dana Haji Cegah Kesenjangan Dalam Penyelengaraan Ibadah Haji

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM- Anggota Komisi VIII DPR Ina Ammania menekankan pentingnya optimalisasi pengelolaan dana haji yang telah disetorkan oleh jemaah calon haji kepada Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH).

Optimalisasi tersebut perlu dilakukan guna mencegah terjadi kesenjangan berikutnya dalam penyelenggaraan Ibadah Haji.

Bacaan Lainnya

“Tentunya di dalam BPKH, uang-uang yang bersumber dari jemaah bisa dioptimalisasikan daripada yang disimpan supaya tidak terjadi kesenjangan berikutnya,” kata Ina di Jakarta, Senin (16/2/2020).

Dana Haji menurut Undang-Undang Nomor 34 tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Haji merupakan dana setoran biaya penyelenggaraan haji, dana efisiensi penyelenggaraan haji, dana abadi umat dan nilai manfaat yang dikuasai negara dalam rangka penyelenggaraan ibadah haji dan kegiatan kemaslahatan umat Islam.

Di sisi lain, Legislator Fraksi PDI Perjuangan tersebut meyakini Pemerintah sudah lebih baik dalam melayani dan menyejahterakan jemaah haji, baik dalam hal operasional, catering maupun pemondokan.

Terlebih saat ini pengelolaan keuangan haji sudah terpusat, sehingga sudah tidak ada lagi aliran dana yang tersendat.

Lebih lanjut, Ina mengingatkan agar cermat dalam melakukan optimalisasi dana haji. DPR bersama Pemerintah berkomitmen untuk melakukan pengawasan atas pengelolaan dana haji agar tidak salah ketika menginvestasikannya.

“Jadi jangan sampai uang jemaah itu diinvestasikan untuk hal yang tidak jelas, atau tidak sesuai dengan undang-undang. Oleh sebab itu, baik DPR dan Pemerintah per enam bulan menggelar rapat dengan BPKH untuk memantau pengelolaannya,” tegasnya.[pit]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *