DPR RI Dukung Industri Tembakau Dalam Negeri Bersaing Di Pasar Global

  • Whatsapp
Ilustrasi

Wakil Ketua Panitia Khusus (Pansus) DPR RI tentang RUU Pertembakauan Hendrawan Soepratikno mendukung industri rokok kretek dalam negeri untuk bisa bersaing di pasar ekspor dunia. Hendrawan menyatakan, khusus di wilayah Batam, Kepulauan Riau, salah satu pabrik rokok kretek yang patut mendapat apresiasi adalah pabrik rokok Fantastik International karena memprioritaskan penggunaan bahan baku lokal.

“Kami ingin melihat bagaimana potensi untuk memanfaatkan peluang ekspor industri rokok kretek tanah air. Kami melihat, industri rokok kretek ini salah satu yang potensial untuk diekspor ke sejumlah negara karena mengedepankan local content,” ujar Hendrawan saat mengikuti Kunjungan Kerja (Kunker) Pansus RUU Pertembakauan meninjau pabrik rokok Fantastik International, di Batam, Kepri, Senin (24/6/2019).

Baca Juga:

Politisi PDI-Perjuangan itu menambahkan, salah satu poin dalam draf RUU Pertembakauan yang sedang disiapkan, menyebutkan adanya insentif kepada pabrik yang memanfaatkan local content lebih banyak akan membayar tingkat cukai yang lebih rendah.

“Kami sedang menyusun dalam salah satu draf RUU Pertembakauan untuk mendukung pabrik rokok yang lebih banyak menggunakan local content akan mendapat insentif berupa tingkat cukai yang lebih rendah. Meski draf nantinya akan masih dibahas lebih lanjut, pada prinsipnya semangat kami adalah jangan sampai industri rokok kretek ini dimatikan hanya karena regulasi yang tidak berpihak,” pungkas Hendrawan. (DB)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *