DPR Sebut Pilkada Serentak 2024 Butuhkan Dana Rp112,4 Triliun

  • Whatsapp
Ilustrasi Pilkada Serentak 2020

INDOPOLITIKA.COM – Komisi II DPR RI baru melakukan konsinyering terkait konsep dan desain persiapan atas penyelenggaraan Pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024 mendatang yang telah disusun oleh KPU.

Wakil Ketua Komisi II DPR Junimart Girsang menyebut, pada rapat tersebut dibahas terkait draft tahapan Pemilu serentak. Dilanjutkan dengan konsinyering 10 hari ke depan.

Berita Lainnya

“Yang pasti ada draft pergeseran tahapan bulan pendaftaran dan pencoblosan,” ungkap Junimart, Senin (24/5/2021).

Menurut Junimart, dari konsep dan desain atas penyelenggaraan Pikada serentak 2024 secara keseluruhan membutuhkan anggaran sebesar Rp26,2 Triliun dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2024 dan Tahun 2024 dan dari APBN sebesar Rp86,2 Triliun.

“Ini anggaran untuk tahapan dan non-tahapan. Kesiapan dari PPK-Petugas Pemutakhiran Data Pemilih Luar Negeri (Pantarlih LN) yg berjumlah 8.021.064 orang sudah termasuk anggota KPU Pusat sampai Kabupaten/Kota. Sarana dan prasarana termasuk teknologi informasi yang harus disiapkan,” katanya.

Ia mengatakan, pelaksanaan Pilkada serentak 2024 berdasarkan Pasal 201 ayat 8 UU nomor 10 tahun 2016. Adalah pemilu terbesar disepanjang sejarah Indonesia.

Sehingga, menurut dia, DPR dituntut untuk memastikan segala bentuk persiapan pelaksanaan penyelenggaraan Pilkada tersebut akan berjalan dengan baik. [rif]

Berita terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *