DPR Tuding Presiden Jokowi Tak Punya Rencana Jangka Pendek Cegah Corona?

  • Whatsapp
Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid

INDOPOLITIKA.COM – Anggota Komisi VIII DPR RI Hidayat Nur Wahid (HNW) menilai pemerintahan Joko Widodo tak memiliki rencana jangka pendek dalam menangani penyebaran virus corona (Covid-19). Menurutnya, pemerintah hanya menanggulangi penyebaran virus corona kasus per kasus saja.

HNW mengatakan sikap itu terlihat sejak pemerintah menyikapi rencana pemulangan ratusan warga negara Indonesia (WNI) dari Wuhan, Cina, beberapa waktu lalu. Menurutnya, pemerintah baru mengambil langkah evakuasi setelah sejumlah kalangan melayangkan kritik.

Berita Lainnya

Dia pun meminta pemerintah memperbaiki kinerja dalam menanggulangi penyebaran virus corona. Menurutnya, perbaikan kinerja dan kesigapan pemerintah sangat diperlukan agar penyebaran virus corona di Indonesia tidak bertambah parah seperti di Iran atau Italia.

“Saya kira pemerintah harus segera memperbaiki kinerjanya agar tidak terjadi wabah yang sangat mengerikan (seperti) yang sudah terjadi di negara lain, sebagaimana di Iran dan Italia karena pemerintah yang tidak sigap menyelesaikan masalah ini,” katanya, Rabu (18/3).

Wakil Ketua MPR itu melanjutkan, koordinasi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah juga terlihat kacau balau jelang proses karantina terhadap ratusan WNI yang dievakuasi dari Wuhan di Pulau Natuna, Kepulauan Riau.

“Warga Natuna, bupati, dan DPRD demo karena mereka tidak pernah diajak koordinasi. Ini kacau balau, (walau) akhirnya mereka menerima dan bisa dirawat itu di sana 14 hari,” kata politisi PKS itu.

HNW juga menilai pelayanan kesehatan yang diberikan pemerintah dalam upaya penanggulangan penyebaran virus corona tidak maksimal. Ia mempertanyakan langkah-langkah yang sudah disiapkan pemerintah dalam hal ini kesiapan rumah sakit dan tenaga medis dalam menyikapi lonjakan jumlah pasien positif mengidap virus corona, sebagaimana diungkapkan oleh Juru Bicara Penanganan Corona Achmad Yurianto.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *