DPR Tunda Pembahasan Omnibus Law Ciptaker

  • Whatsapp
Azis Syamsudin

INDOPOLITIKA.COM – DPR RI menunda pembahasan Rancangan Undang-Undang Omnibus Law Cipta Kerja (Ciptaker) pada masa sidang kali ini. Pasalnya DPR RI akan menjalani masa reses pada 27 Februari-22 Maret 2020.

Selain itu, Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin mengatakan pembahasan harus ditunda karena belum ada kesepakatan di antara lima pimpinan terkait RUU tersebut. “Susah. Walaupun saya sebagai Wakil Ketua Bidang Korpolkam yang dari kader Partai Golkar menyampaikan untuk segera dibawa ke paripurna, tapi kan pimpinan-pimpinan yang lain masih belum menyepakati, masih menunggu,” kata Azis saat ditemui di kantornya di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (25/2/2020).

Bacaan Lainnya

Dalam tata laksana, ketika pemerintah menyerahkan draf RUU maka pimpinan DPR bakal membahasnya dalam rapat pimpinan. Setelah itu, draf RUU itu dibawa ke Badan Musyawarah (Bamus).

Tahap selanjutnya adalah, Rapat Paripurna digelar untuk mengumumkam RUU tersebut. Lalu DPR menunjuk komisi yang bertugas membahas draf RUU itu bersama perwakilan pemerintah. “Sampai saat ini belum ada jadwal rapat pimpinan,” ucap Wakil Ketua Umum Partai Golkar itu.

Azis sendiri tak mempermasalahkan sejumlah bagian kontroversial dalam pasal yang diklaim salah ketik oleh pemerintah. Menurutnya, draf RUU tidak perlu dikembalikan ke pemerintah untuk perbaikan. “Mau ditarik, yang diubah substansinya kan. Mau dibahas, yang diubah substansinya kan. Ya sudah nanti saja dalam pembahasan. Nggak usah bolak-balik,” ujarnya.

RUU Omnibus Law Ciptaker adalah prioritas dalam periode kedua Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). RUU tersebut diklaim Jokowi dapat memangkas aturan guna menarik investasi.[ab]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *