Dua Desa di Banyumas Jawa Tengah Dilanda Banjir

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Hujan deras yang melanda wilayah Banyumas Sabtu malam- Minggu dinihari (30-31/5/2020) menyebabkan dua desa di Banyumas terendam banjir. Banjir melanda RT 5 RW 2 Desa Prembun Kecamatan Tambak dan Dusun Karet Kelurahan Sumpiuh Kecamatan Sumpiuh.

Warga Desa Prembun Sugeng mengatakan, banjir ini mulai terjadi Sabtu malam sekira pukul 23.00 WIB. Air hujan yang tidak tertampung oleh Kali Manggis, meluap ke pemuikiman warga. Sedikitnya terdapat 10 rumah yang terendam banjir, dengan ketinggian di dalam rumah sekitar 50 CM.

Bacaan Lainnya

Air lebih banyak mengenangi jalan dan pekarangan rumah di RT 5 RW 2, kemudian Minggu pagi air banjir ini melaui surut. Warga kemudian melakukan pembersihan lumpur yang masuk ke dalam rumah, atau di halaman rumah.

” Jadi hujan deras sejak Sabtu malam, karena Kali Manggis tidak bisa menampung air. Jadinya ada genangan yang kebanyakan mengeangi RT 5 RW 2, ada sekitar 10 rumah yang terendam,” kata Sungeng dikutip dari RRI, Ahad (31/5/2020).

Kordinator Taruna Siaga Bencana ( Tagana ) Banyumas wilayah Timur Dasino mengatakan banjir luapan juga terjadi di Dusun Karet Keluarahan Sumpiuh. Hal ini terjadi akibat meluapnya Sungai Angin, yang kemudian menyebabkan sejumlah titik jebol. Dampaknya ada delapan rumah yang terendam dan satu bangunan PAUD juga ikut terendam.

” Banjir terjadi di dua tempat di wilayah Banyumas Timur, yakni di Sumpiuh dan Tambak. Kami langsung menurunkan relawan, untuk membantu warga menanganai banjir. Saat ini banjir mulai surut,” kata Dasino.

Wilayah Kabupaten Banyumas dan sekitarnya, semalam juga mengalami pemadaman listrik akibat tergangunya pasokan listrik Jawa Bali, dari Gardu Induk Unggaran Jateng. Aliran listrik mulai nyala bagi sebagian warga terjadi Minggu dinihari sekira pukul 03.00 WIB. [rif]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *