Dua Kapal Tabrakan di Ketapang Banyuwangi, 2 Penumpang Luka-luka

Dua Kapal Tabrakan Banyuwangi (Dok. tvonenews)

INDOPOLITIKA.COM – Insiden tabrakan antara dua kapal ferry terjadi di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat (13/5/2022) malam. Dua kapal yang bertabrakan masing-masing, KMP Trisila Bakti 2 dan KMP Gerbang Samudera 2.

Akibatnya, dua penumpang kapal dilaporkan luka-luka. Keduanya merupakan penumpang KMP Trisila Bakti 2 yang ditabrak KMP Gerbang Samudera 2. Diduga, dua penumpang nahas ini terkena benturan.

Bacaan Lainnya

Saat kejadian, keduanya sama-sama meninggalkan dermaga Pelabuhan Ketapang, sedianya berlayar ke Pelabuhan Gilimanuk, Bali.

Entah bagaimana, KMP Gerbang Samudera 2 yang keluar dari dermaga MB 1 mendadak nyelonong menghantam bagian samping KMP Trisila Bakti 2 yang keluar dari dermaga ponton.

Hingga berita diturunkan, tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Penyebab tabrakan masih dalam penyelidikan petugas. Video detik-detik tabrakan kapal ini menyebar ke jejaring media sosial.

“Kronologis pastinya masih dalam penyelidikan, kejadiannya pukul 18.00 WIB. tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan ini,” kata Kepala Kepala Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjungwangi, Banyuwangi, Letkol (Mar) Benyamin Ginting.

Petugas juga masih mendata kerusakan kedua kapal. KMP Trisila Bakti 2 mengalami rusak di bagian samping. Sedangkan, KMP Gerbang Samudera 2 rusak di bagian rumdoor.

Sementara itu, Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Satpel Ketapang, Rocky Surentu menegaskan, 2 kapal yang bertabrakan harus menepi ke dermaga. Melakukan pemeriksaan, termasuk menurunkan seluruh penumpang.

“Aturannya, jika ada kapal bertabrakan, harus segera merapat ke dermaga. Dilakukan pemeriksaan seluruh kapal dan penumpang,” tegasnya. Pihaknya belum bisa memastikan penyebab tabrakan tersebut. Tim masih melakukan pemeriksaan kedua kapal. [rif]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.