Internasional

Dua Korea Sepakat Tutup 10 Pos Penjagaan di Zona Demiliterisasi

Zona demiliterisasi yang memisahkan Korea Selatan dan Korea Utara (Foto: AFP).

Seoul: Korea Utara (Korut) dan Korea Selatan (Korsel) sepakat menutup beberapa pos penjagaan di sepanjang perbatasan. Menurut Menteri Pertahanan Korsel Song Young-moo, uji coba penutupan akan dilakukan secepatnya.
 
"Pertama kita akan menarik satu atau dua pos penjagaan dan secara bertahap akan memperluasnya," ucap Song, dilansir dari laman South China Morning Post, Selasa 21 Agustus 2018.
 
Song mengatakan akan menarik sekitar sepuluh pos penjaga sebagai bagian dari langkah membangun kepercayaaan. Dia menambahkan, Korut akan mengambil tindakan timbal balik terkait penutupan tersebut.
 
"Utara dan Selatan setuju menarik pos-pos penjagaan paling dekat satu sama lain. Yang terdekat adalah sekitar 700 meter dan kami akan mulai menarik pos penjaga berjarak 1 kilometer," ungkapnya di hadapan Parlemen Seoul.
 
Konflik 1950 hingga 1953 kedua Korea berakhir dengan gencatan senjata, bukan perjanjian damai. Secara tidak langsung, kedua Korea masih berperang.
 
Meski demikian, keduanya kini tengah menjajaki hubungan baru bagi negaranya. Pertemuan Presiden Korsel Moon Jae-in dengan pemimpin Korut Kim Jong-un di Panmunjom, sebuah desa di Zona Demiliterisasi, menjadi bukti kedua negara menginginkan perdamaian.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close