Dua Petinggi PT SSS jadi Tersangka Karhutla di Riau

  • Whatsapp
Kabagpenum Divisi Humas Mabes Polri, Kombes Pol. Asep Adi Saputra

INDOPOLITIKA.COM– Polisi menetapkan petinggi PT SSS  sebagai tersangka kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Riau. Dalam hal ini, polisi menetapkan Direktur umum dan Manager Operasional sebagai tersangka.

“Ya, untuk penanganan karhutla yang terkait PT SSS ditangani oleh Polda Riau dan hari ini resmi bahwa ada dua yang dipertanggungjawabkan secara pidana,” kata Kabagpenum Divisi Humas Mabes Polri, Kombes Pol. Asep Adi Saputra, di Amaroossa Hotel, Jakarta Selatan, Selasa (8/10).

Bacaan Lainnya

Penetapan tersangka ini, jelas Asep, terakhir dengan penegakan hukum dalam Undang-undang Nomor 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Ditegaskannya, dalam penanganan kasus karhutla, polisi akan bertindak tegas dalam proses hukum maupun penetapan tersangka.

“Tidak pandang bulu untuk menegakan hukum, baik perorangan atau pun badan hukum yang telah melakukan atau cukup bukti melakukan upaya-upaya pembakaran lahan,” tambah Asep.

Lebih lanjut, Asep melanjutkan, penyidik dan Satuan Tugas Karhutla Polri masih bekerja melakukan penegakan hukum bagi para pelaku karhutla di seluruh wilayah Indonesia. “Beberapa yang masih dilakukan penyelidikan sedang berjalan baik ditangani Bareskrim juga Polda jajaran,” tegasnya.

Menurut Asep, hal terpenting dalam mencegah karhutla yakni melakukan pengawasan yang intensif. Kemudian, meminta, koorporasi untuk menaati regulasi yang berlaku. Misalnya, memberikan laporan kepada Pemerintah Daerah (Pemda) terkait aktivitas pencegahan karhutla. Laporan ini, bisa menjadi referensi Pemda setempat untuk melakukan pengawasan.

“Regulasi yang telah diberikan ini bukan hanya sekedar diberikan begitu saja, tapi bagimana para korporasi itu melaporkan aktivitas upaya-upaya untuk melakukan upaya pencegahan terjadi kebakaran,” tambah Asep.

Terpisah, Direktur Kriminal Khusus Polda Riau, Ajun Komisaris Besar Polisi Andri Sudarmadi membenarkan hal tersebut. Petinggi PT SSS yang ditahan adalah AOH. Dia ditahan karena dinilai orang yang bertanggungjawab terhadap kebakaran di konsensi korporasi tersebut.

“Benar. AOH penanggung jawab untuk tersangka PT SSS ditahan tadi malam,” katanya singkat.[asa]

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *