Dubes Amerika Ajak NU Lihat Kondisi di Xinjiang China

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph R Donovan Jr, mengajak Ketua PBNU Kyai Said Aqil Siradj, menyaksikan langsung kondisi muslim di Xinjiang, salah satu provinsi di China.

“Tadi kita membahas permasalahan internasional seperti juga Afghanistan, Palestina, Xinjiang,” katanya, kepada awak media saat konferensi pers usai melakukan pertemuan, dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) di Gedung PBNU lantai 3, Jalan Kramat Raya 164, Jakarta, Senin (21/10)

Baca Juga:

“Saya juga mengundang Ketua PBNU untuk melihat lebih jauh lagi situasi yang terjadi di Xinjiang,” ujarnya.

Hal tersebut mengingat adanya surat yang dilayangkan ke Sekretaris Jenderal PBB dari lima organisasi internasional, yakni Amnesty International, Human Rights Watch, International Comission of Jurist, International Federation of Human Rights, dan World Uyghur Congress tentang apa yang terjadi di Xinjiang.

“Salah satu permasalahan hak asasi manusia yang paling mendesak di zaman sekarang,” tuturnya.

Terkait persoalan yang terjadi di Xinjiang, Kiai Said mengungkapkan bahwa PBNU bersuara jika memang yang terjadi di sana adalah persoalan Hak Asasi Manusia (HAM).

Namun, jika yang terjadi adalah persoalan politik, ia tidak akan berbicara mengenai hal tersebut mengingat bukan kewenangannya untuk mencampuri urusan dalam negeri suatu negara.[asa]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *