Dubes Amerika Puji NU sebagai Contoh Islam Moderat

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph R Donovan Jr, melontarkan pujianya terhadap NU. Ia mengatakan, NU merupakan contoh Islam moderat tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di dunia.

“Saya selalu menghormati NU karena merupakan contoh Islam moderat dan Islam yang toleran. Tidak hanya contoh di Indonesia, tetapi juga contoh di dunia,” katanya kepada awak media saat konferensi pers usai melakukan pertemuan, dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) di Gedung PBNU lantai 3, Jalan Kramat Raya 164, Jakarta, Senin (21/10).

Baca Juga:

Pada kesempatan itu, Donovan diterima langsung oleh Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj. Pertemuan keduanya membahas berbagai isu perdamaian internasional mengingat banyaknya peristiwa konflik yang terjadi di berbagai negara di dunia, seperti di Afghanistan, Palestina, dan Xinjiang.

Menanggapi pernyataan Dubes AS, Kyai Said menegaskan bahwa NU berbeda dengan organisasi yang lain. NU merupakan organisasi Islam yang moderat yang jauh dari kata radikal.

“Di pertemuan ini, saya menyampaikan kepada Pak Dubes bahwa kita ini sangat jauh dari aksi radikal. AS harus bisa membedakan mana yang radikal dan mana yang tidak,” ucapnya.

Kyai Said menegaskan, NU mewarisi Islam moderat dan Islam ala Gus Dur. “Saya harap Amerika bisa membedakan dan tidak menyamaratakan bahwa Islam itu radikal dan teroris,” tutur dia.[asa]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *