Dubes Arab Saudi Surati DPR RI, Bantah Kabar Indonesia Tak Dapat Kuota Haji

  • Whatsapp
Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Esam Abid Altaghafi (Antara)

INDOPOLITIKA.COM – Kedutaan Besar Arab Saudi membantah informasi yang diterima DPR RI terkait bahwa Indonesia tidak mendapatkan kuota haji untuk pelaksanaan ibadah haji 2021.

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad sebelumnya mengungkap kabar bahwa Indonesia tidak mendapatkan kuota haji untuk pelaksanaan ibadah haji 2021. Menurutnya, tidak adanya alokasi kuota haji bagi Indonesia ini lantaran vaksinasi Covid-19 yang digunakan Indonesia.

Berita Lainnya

Dalam kaitan hal itu, Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Esam Abid Altaghafi, mengatakan, bahwa kabar tersebut tidaklah benar dan hal itu tidaklah dikeluarkan oleh otoritas resmi Kerajaan Arab Saudi.

“Otoritas yang berkompeten di Kerajaan Arab Saudi hingga saat ini belum mengeluarkan instruksi apapun berkaitan dengan pelaksanaan haji tahun ini. baik bagi para jamaah haji Indonesia atau bagi para jamaah haji lainnya dari seluruh negara di dunia,” kata Esam dikutip dari surat yang ditujukan ke DPR RI itu, Kamis (3/6/2021).

Esam berharap, agar selanjutnya dapat melakukan komunikasi terlebih dahulu dengan pihak Kedutaan atau otoritas resmi lainnya, baik di Kerajaan Arab Saudi atau di Indonesia, guna memperoleh informasi dari sumber sumber yang benar yang dapat dipercaya.

Isu calon jemaah asal Indonesia tidak mendapatkan kuota menyeruak ke permukaan setelah Kerajaan Arab Saudi mengeluarkan izin masuk 11 negara, dan Indonesia tak masuk daftar negara yang diizinkan.

Pemerintah melalui Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas juga memastikan Indonesia tidak memberangkatkan haji 2021. Yaqut menjelaskan, pembatalan pemberangkatan haji karena alasan kesehatan dan keselamatan masyarakat Indonesia selama pandemi covid-19. [rif]

Berita Terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *