Internasional

Dubes AS Perkenalkan Kemitraan Strategis dengan RI di Kalimantan

Duta Besar AS Joseph R Donovan Jr lakukan kunjungan pertama ke Kalimantan Utara. (Foto: Dok. Kedubes AS).

Tanjung Selor: Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia Joseph R. Donovan Jr. melakukan kunjungan untuk pertama kalinya ke Kalimantan Utara. Kunjungan ini dilakukan dalam rangka memperkenalkan kemitraan strategis yang diusung AS-Indonesia.
 
Kunjungannya dilakukan pada 13 hingga 15 September 2018. Dalam kunjungan tersebut, Donovan menyampaikan peluang untuk memperluas kemitraan komersial antara Amerika Serikat dan Indonesia, terutama dalam bidang energi dan infrastruktur.
 
"Dubes Donovan mendorong pemimpin provinsi untuk mengikuti model 'ekonomi kemitraan' AS-Indonesia yang menghormati kedaulatan nasional dan menarik investasi berkualitas tinggi, transparan, dan berkelanjutan secara finansial," demikian dikutip dari pernyataan Kedutaan Besar AS di Indonesia, Selasa 18 September 2018.
 
Wakil Gubernur Kaltara Udin Hianggio menyambut baik investasi AS dan membagikan informasi terkait rencana Kaltara untuk mengembangkan provinsinya.
 
Tak hanya bertemu pejabat daerah setempat, Donovan juga melakukan kunjungan ke SMPN1 dan Universitas Borneo. Dia mendorong para siswa berpartisipasi dalam program pertukaran Kedutaan Besar AS, seperti Young Southeast Asian Leaders Initiative (YSEALI) dan program Youth Exchange and Scholarship (YES).
 
Didampingi oleh Wakil Kepala Kepolisian Daerah Kaltara Zainal Paliwang, Donovan juga meninjau kerja sama dalam bidang penegakan hukum, termasuk sejumlah kesempatan untuk pelatihan bersama. Wakapolda Kaltara menyambut baik komitmen pemerintah AS dalam mendukung pengembangan kapasitas penegakan hukum Indonesia untuk melawan ancaman transnasional, termasuk terorisme, perdagangan narkoba, dan penyelundupan.
 
Dubes Donovan juga mengunjungi pengolah udang lokal yang mengekspor ke Amerika Serikat dan hutan bakau di Tarakan, serta melihat budaya Dayak di Pusat Kebudayaan Tidung. Dia pun bertemu dengan warga Amerika yang menyediakan layanan penerbangan untuk menyelamatkan jiwa bagi masyarakat pedesaan di Kalimantan.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close