Internasional

Dubes Inggris Ajak Pemimpin Muda ASEAN Manfaatkan Teknologi untuk Pembangunan

DUta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik. (Foto: Medcom.id/ Marcheilla Ariesta).

Jakarta: Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik mengajak para pemimpin muda ASEAN untuk terus memanfaatkan teknologi dalam mengembangkan kota pintar. Menurut dia, pembangunan kota pintar dapat meningkatkan kualitas hidup.

"Pembangunan kota pintar bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup ke arah yang lebih baik," ujarnya saat ditemui dalam acara UK-ASEAN Leadership di Jakarta, Rabu, 12 September 2018.

Menurut Moazzam, penggunaan teknologi dapat memajukan kota. Hal ini berpotensi mengatasi permasalahan kota yang kompleks.

Baginya masyarakat perkotaan adalah cerminan kehidupan ASEAN di masa depan. "Masyarakat perkotaan harus meningkatkan standar kehidupan dengan inovasi serta kolaborasi antarwarga," imbuh dia.

Moazzam mencontohkan kerja sama sister city antara Surabaya dengan Liverpool. Dia mengatakan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menjalin kerja sama dengan Wali Kota Liverpool Joe Anderson terkait pengembangan ekonomi kreatif, manajemen pelabuhan, pengembangan kota pintar dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia.

Inggris, kata dia terus membantu memfasilitasi kerja sama kedua kota untuk berbagi pengalaman dalam pengembangan kota pintar. 

UK-ASEAN Leadership sendiri merupakan salah satu program untuk semakin mempererat hubungan antara Inggris dan ASEAN. Menurut Moazzam, saat in ASEAN tengah berkembang pesat.

"Karenanya kami ingin memperdalam hubungan dengan ASEAN di segala bidang," pungkasnya.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close