Internasional

Dubes RI Tekankan Pentingnya Diplomasi Bilateral dan Multilateral

Dubes Darmansjah Djumala dalam Resepsi Diplomatik di Wisma Duta Besar RI di Wina, Austria, 7 September 2018. (Foto: KBRI Wina)

Wina: Duta Besar Indonesia untuk Austria Dr. Darmansjah Djumala menekankan pentingnya pentingnya pelaksanaan diplomasi, baik dalam tatanan multilateral maupun bilateral yang didedikasikan bagi kepentingan seluruh rakyat.

Hal tersebut disampaikan dalam acara Resepsi Diplomatik di Wisma Duta Besar RI di Wina pada 7 September 2018, yang merupakan penutup rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia.

Acara diawali penampilan lagu kebangsaan kedua negara yang dibawakan kelompok paduan suara yang terdiri dari masyarakat Austria, dengan diiringi alunan musik Kulintang dan Angklung.

Dalam keterangan pers yang diterima Medcom.id, Minggu 9 September 2018, Duta Besar Indonesia untuk Austria, Dr. Darmansjah Djumala dalam pidato pembukaannya menjelaskan bahwa sesuai dengan UUD 1945, salah satu tujuan nasional Indonesia adalah untuk "ikut serta melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial."


Resepsi Diplomatik di Wisma Duta Besar RI di Wina. (Foto: KBRI Wina)

Oleh karena itu, pada tatanan global Indonesia berkomitmen akan terus memberikan kontribusinya dalam upaya menjaga perdamaian dan keamanan internasional. Dalam kaitan ini, Dubes Djumala menyampaikan apresiasi atas dukungan dan kepercayaan masyarakat International sehingga Indonesia kembali terpilih sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB untuk periode 2019-2020.

Dubes Djumala juga menyampaikan apresiasi terhadap seluruh elemen yang telah memberikan dukungannya selama ia menjalankan tugas dan mandatnya sebagai Ketua Dewan Gubernur (Board of Governors) International Atomic Energy Agency (IAEA). Ia juga menyampaikan Indonesia untuk melanjutkan kerja sama dalam konteks multilateral.

Dalam konteks bilateral, disampaikan pula bahwa Indonesia dan Austria telah menikmati dan terus mengupayakan peningkatan hubungan yang selama ini telah berjalan sangat baik berdasarkan kemitraan dan kepentingan bersama, baik di bidang politik, ekonomi, sosial-budaya, ilmu pengetahuan dan pendidikan tinggi serta people to people contact.


Resepsi Diplomatik di Wisma Duta Besar RI di Wina. (Foto: KBRI Wina)

Resepsi Diplomatik dihadiri berbagai pejabat penting, antara lain wakil Pemerintah dan anggota parlemen Austria, kalangan akademisi, seniman, para duta besar negara sahabat yang berkedudukan di Wina, serta Kepala Organisasi Internasional di Wina.

Acara berlangsung hangat dan meriah dengan menampilkan pertunjukan tari tradisional Indonesia, yakni tari Saman dan tari Tanggai, dilanjutkan dengan ramah tamah dan makan malam dengan sajian hidangan kuliner khas Indonesia seperti sate, rendang, udang goreng tepung, dan nasi goreng. 

Makan malam juga diiringi alunan musik angklung dan kulintang, dipadukan dengan alat musik band, yang memukau para undangan dengan lagu-lagu daerah Indonesia, lagu Internasional dan lagu Austria.  

Di akhir acara, beberapa undangan dari institusi Pemerintah Austria sempat menyampaikan langsung bahwa mereka begitu tersanjung melihat upaya KBRI/PTRI Wina untuk menyajikan lagu kebangsaan Austria dengan angklung dan kulintang. Mereka juga memperlihatkan ketertarikan untuk mempelajari lebih jauh teknik permainan kedua instrumen musik tradisional Indonesia tersebut.


Resepsi Diplomatik di Wisma Duta Besar RI di Wina. (Foto: KBRI Wina)

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close