Duet Anies-AHY Bisa Terwujud di Pilpres 2024, Asalkan…

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Duet Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 diprediksi bisa saja terwujud. Asalkan Anies merapat ke partai yang punya suara bagus.

“Bergantung ke mana Anies melabuhkan pilihan parpol, jika ia berhasil mendapat tempat di parpol dengan suara bagus, maka pasangan Anies-AHY punya peluang terwujud,” ujar Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah kepada wartawan, Rabu (11/8/2021).

Berita Lainnya

Dedi menyebut peluang Anies untuk berduet dengan AHY di Pilpres 2024 semakin terbuka lebar jika memilih partai yang bukan berafiliasi Islam.

Dia mengatakan, Anies bisa saja memilih Partai Nasdem dengan asumsi basis suara pemilih sudah bisa didapatkan dari ketokohan Anies.

“Sehingga ia hanya perlu mendapat parpol nasionalis. PKS sendiri bukan peluang yang bagus untuk Anies,” ujarnya.

Dedi juga menyoroti langkah apa yang seharusnya dipilih oleh Partai Persatuan Pembangunan (PPP) jelang Pilpres 2024.

Dia mengatakan PPP lebih strategis masuk gerbong pengusung Anies-AHY bersama Demokrat dan PKS, seperti yang dikatakan ahli hukum tata negara Refly Harun.

Dedi mengatakan bahwa bagi partai politik dengan porsi minim, merapat ke kelompok dominan menjadi hal yang strategis.

Menurutnya, PPP tidak punya pilihan dalam menghadapi kontestasi 2024, selain bergabung ke kelompok dominan itu.

“Tidak saja merapat ke koalisi pengusung Anies, PPP bisa ke mana saja mengingat pengaruh PPP yang sangat kecil,” pungkasnya.[fed]

Berita terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *