Duh, Ada Bos Perusahaan Rokok Asing Yang Dikte Pemerintah Soal Bea Cukai

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Masyarakat Industri Hasil Tembakau (IHT) meminta pimpinan perusahaan rokok besar asing yang beroperasi di Tanah Air tidak mendikte pemerintah untuk menerapkan penyederhanaan (simplifikasi) penarikan cukai.

Sebab, pemerintah justru berkewajiban melindungi keberadaan dan keberlangsungan industri rokok nasional yang menyerap tenaga kerja dan tembakau lokal sekaligus melindungi perekonomian bangsa.

Muat Lebih

Masyarakat IHT sendiri menilai penerapan simplifikasi lebih mengarah monopoli dan persaingan usaha tidak sehat. Bahkan mengarah mematikan industri rokok nasional.

Pendapat tersebut disampaikan Ketua Umum Gabungan Pabrik Rokok (Gapero) Surabaya Sulami Bahar dan Ketua Asosiasi Petani Tembakau Indonesia wilayah Jawa Barat (APTI Jabar) Suryana di Jakarta, Minggu (17/11/2019).

“(Mereka) tidak boleh dan tidak bisa mendikte pemerintah, baik Presiden Joko Widodo maupun Menkeu Sri Mulyani. Mereka tentu harus lebih bijaksana dalam membuat maupun mengadopsi kebijakan. Yang Penting kita memberikan pemahaman dan masukan kepada pemerintah. Kalau pemerintah menerapkan simplifikasi, ini loh dampaknya. Jadi jangan memaksakan untuk menerapkan simplifikasi,” desak Sulami Bahar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *