Dukung Gelaran MotoGP di Mandalika, PLN Tambah Kapasitas Gardu Sebesar 60 MW

  • Whatsapp
Wakil Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero, Darmawan Prasodjo.

INDOPOLITIKA.COM- Indonesia akan menggelar ajang MotoGP di Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 2021. Untuk mendukung itu, PT PLN persero tengah menambah kapasitas gardu distribusi di kawasan tersebut sebesar 60 megawatt (MW).

“Saat ini sudah dalam proses menambahkan kapasitas pembangkit tambahan sekitar 60 megawatt yang comisioning dalam beberapa bulan mendatang, artinya daya mampu pasokan dari 290 kita tambah menjadi 350,” ujar Wakil Dirut PT PLN (Persero), di Jakarta, Jumat (17/01/2020).

Baca juga:

Sementara untuk beban puncaknya, sambung Darmo, hanya sebesar 243 megawatt (MW). Sebenarnya, kata dia, tidak ada masalah ketika semua pembangkit listrik berfungsi. Tapi begitu ada satu pembangkit dalam pemeliharaan maka akan terjadi beban.

“Jadi tiga bulan lalu begitu ada salah satu pembangkit kita maintenance, selesai. Jadi pasokannya waktu itu turun jadi 250 megawatt, sedangkan beban puncaknya 243-250 mw. Begitu beban puncak jam 7 malam jeder. Nah untuk mengantisipasi hal itu, kami menambah kapasitas gardu sebesar 60 MW. Sehingga total daya mampu listrik di kawasan Lombok menjadi 350 MW. Ditambah 30 MW micro hydro power yang khusus kita swap dan kita alirkan ke Moto GP sehingga jadi green power,” bebernya.

Sementara untuk memenuhi kebutuhan listrik seperti hotel dan pusat kuliner, PLN telah mengoperasikan satu gardu induk berkapasitas 30 Megavolt Ampere (MVA) di daerah Kuta, Kabupaten Lombok Tengah. Gardu induk tersebut telah memasok listrik ke kawasan Mandalika dan sekitarnya.

“Namun penggunaannya saat ini masih sekitar 30 persen dari kapasitas yang ada,” katanya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *