INDOPOLITIKA.COM – Sebagai upaya untuk mendukung rekayasa lalu lintas one way periode arus balik Idul Fitri 1445 Hijriah, PT Jasamarga Transjawa Tol melalui PT Jasamarga Semarang Batang siagakan 24 gardu layanan transaksi di Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang. 

Gerbang Tol Kalikangkung yang terletak di KM 414 ini normalnya memiliki 15 gardu layanan transaksi menuju arah Semarang atau jalur A yang terdiri dari 8 gardu utama dan 7 gardu miring / Oblique Approach Booth (OAB).  

Sedangkan untuk arah Jakarta atau jalur B mempunyai 9 gardu layanan transaksi yang terdiri dari 5 gardu utama dan 4 gardu OAB.  

Hal berbeda terjadi ketika rekayasa one way dilaksanakan. GT Kalikangkung akan membuka 24 gardu layanan transaksi yang seluruhnya mengarah ke Jakarta. 

“One way di GT Kalikangkung pada periode arus balik Idul Fitri 1445 Hijriah mulai diberlakukan pada hari Sabtu 13 April 2024 pukul 15.00 WIB,” ungkap VP Corporate Secretary and Legal PT Jasamarga Transjawa Tol, Ria Marlinda Paallo dalam keterangan tertulisnya.  

Pada H+2 Idul Fitri 1445 Hijriah tersebut, tercatat sebanyak 63.591 kendaraan melintasi GT Kalikangkung naik 354,0% dari lalu lintas normal sebanyak 14.007 kendaraan. 

PT Jasamarga Transjawa Tol terus melakukan koordinasi dengan pihak Kepolisian dan pihak lainnya dengan melakukan monitoring baik melalui CCTV, radar maupun pantauan kondisi nyata di lapangan. 

Hal tersebut dilakukan agar PT JTT atas diskresi Kepolisian dapat mengambil langkah cepat dan akurat untuk segera melaksanakan rekayasa lalu lintas agar lalu lintas kendaraan arus balik terdistribusi merata. 

Pengguna jalan tol dari arah Timur Trans Jawa dapat kembali menuju arah Jakarta menerus melewati Gerbang Tol Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang hingga KM 70 Jalan Tol Jakarta-Cikampek. 

“PT JTT mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar mengantisipasi perjalanan, memastikan kendaraan dalam keadaan prima, saldo uang elektronik cukup, mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan serta membawa bekal untuk menghindari kepadatan di rest area. Selalu berhati-hati dalam berkendara, patuhi rambu-rambu dan ikuti arahan petugas di lapangan,” imbuhnya. [Red]

Cek berita dan artikel menarik lainnya di Google News Indopolitika.com