Nasional

Dukung Prabowo Jadi Presiden, Amien Rais Kecewakan Aktivis HAM

Indopolitika.com – Partai Amanat Nasional (PAN) dikabarkan akan segera memfinalisasi koalisi dengan Partai Gerindra, dan akan mengusung duet Prabowo Subianto-Hata Radjasa.

Berarti, kuat diduga pasangan itu sudah mendapat restu dari Ketua Majelis Pertimbangan PAN, Amien Rais, yang juga dikenal sebagai penggagas reformasi 1998, menjatuhkan rejim Orde Baru.

Dukungan Amien kepada Prabowo pun menuai reaksi dari para aktivis penggiat HAM, dan nadanya kekecewaan. Wakil Direktur Setara Institute, Bonar Tigor Naipospos menyatakan, dengan mendukung Prabowo, Amien terlihat menjadi bukanlah tokoh reformasi.

Bonar mengaku tak habis pikir dengan sikap Amien Rais. Ia sangat kecewa begitu mendengar orang yang dulu diberi gelar sebagai tokoh lokomotif reformasi, justru memberikan dukungan kepada Prabowo. Padahal, Prabowo adalah tokoh yang diduga bermasalah dengan HAM di era itu.

“Saya tidak heran dengan hal itu. Amien Rais sesungguhnya bukan penggerak reformasi, dia hanya pandai membaca arah waktu itu,” kata Bonar di Jakarta, Minggu (11/5).

Bagi Bonar, menjadi hal yang wajar Amien mendukung Prabowo, jika melihat kiprahnya selama ini. Amien sekarang bukan lagi tokoh, tapi politisi praktis. Wajar bila kemudian Amien mendukung Prabowo karena hitung-hitungannya semata pragmatisme politik.

“Mungkin isu HAM atau kemanusiaan bukan suatu hal yang diprioritaskan. Kita masih jauh dari menciptakan politik yang beradab di negeri ini,” kata dia.

Koordinator KontraS, Haris Azhar, menambahkan Amien terlihat bukan lagi sebagai tokoh pro demokrasi. Tapi, Amien sama seperti politisi pragmatis lainnya, yang lebih berorientasi kepada kekuasaan.

“Mereka lupa pada sejarah penderitaan dalam membuka demokrasi di Indonesia. Bakat penyelewengan Amin dimulai saat menjatuhkan Gus Dur,” kata Haris.

Seperti diketahui, pada Kamis 24 April 2014, di rumahnya di Yogyakarta, Amien Rais, secara berterus terang, lebih mendukung Prabowo Subianto ketimbang capres lainnya. Pernyataan Amien pun dikutip banyak media, dan menjadi sinyal PAN akan berkoalisi dengan Gerindra, dan mendukung Prabowo Subianto. (Ind/bs)

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close