Dukungan Diaspora Tiongkok di Jepang dalam ‘Perang’ Melawan COVID-19

  • Whatsapp
Bantuan dari Diaspora Tiongkok di Jepang, yang akan disumbangkan. Foto : Dok/Xinhua News

INDOPOLITIKA.COM -Seiring kegigihan Tiongkok dalam memerangi virus COVID-19, diaspora Tiongkok di Jepang menyumbangkan pasokan medis seperti masker dan pakaian pelindung untuk membantu mengurangi kekurangan kebutuhan perlengkapan medis di tanah air mereka.

Setelah mengetahui bagaimana wabah tersebut menyebabkan kekurangan dalam kebutuhan medis, Persatuan Diaspora Tiongkok yang tinggal di Jepang meminta semua asosiasi serta individu Tiongkok di Jepang untuk memberikan kontribusi pada perang Tiongkok melawan epidemi.

Bacaan Lainnya

Melansir Xinhua news, sumbangan datang secara berkelompok yang berasal dari para pemilik bisnis dan kamar dagang Tiongkok. Menurut Persatuan Diaspora Tiongkok tersebut, lebih dari 70 asosiasi dan kamar dagang yang terafiliasi segera mengambil tindakan dan mengumpulkan donasi serta pasokan medis termasuk masker, pakaian pelindung, kacamata dan sarung tangan, dengan total mencapai 39,84 juta yen (Rp 4,96 miliar) hanya dalam waktu dua minggu.

“Ketika masalah terjadi di satu tempat, bantuan datang dari semua penjuru. Kami ingin menunjukkan cinta kami kepada tanah air dan kota kelahiran kami,” kata He Naihe, ketua Persatuan Diaspora Tiongkok.

Sementara itu, asosiasi dan kamar dagang Tiongkok yang berada di Kyushu dan Okinawa juga mengeluarkan inisiatif, mendorong sumbangan dari para diaspora Tiongkok untuk mendukung pencegahan dan pengendalian epidemi di Tiongkok.

Hanya dalam beberapa hari, sekitar 280.000 masker bedah, lebih dari 1.100 pakaian pelindung, dan lebih dari 30.000 botol dan handuk disinfektan berhasil dikumpulkan. Beberapa orang menempuh jarak ratusan kilometer dalam semalam untuk membeli masker tambahan, sementara yang lain mengantri dalam cuaca dingin untuk membeli lebih banyak pakaian pelindung.

Di gudang perusahaan logistik yang terletak di Prefektur Saitama dekat Tokyo, terdapat kotak-kotak kardus besar berisi bahan-bahan antiepidemi yang menunggu untuk dikirim ke Tiongkok. Bantuan tersebut ditambah jumlahnya oleh Kamar Dagang Umum Hubei di Jepang serta asosiasi dan perusahaan Tiongkok lainnya.

Beberapa diaspora Tiongkok secara sukarela memindahkan barang. Mereka menarik spanduk, mengibarkan bendera nasional dan berteriak, “Ayo, Wuhan! Ayo, Hubei! Ayo Tiongkok!”

Kedutaan Tiongkok di Jepang mendaftarkan lusinan barang yang sangat dibutuhkan di Tiongkok bulan lalu. Duta Besar Tiongkok untuk Jepang Kong Xuanyou menyatakan apresiasinya kepada komunitas diaspora Tiongkok di Jepang atas pengabdiannya terhadap tanah air, dengan mengatakan bahwa epidemi akan segera berakhir selama masyarakat Tiongkok bersatu.

Kong mengatakan upaya Tiongkok untuk mengalahkan virus itu membuahkan hasil, jumlah pemulihan telah melampaui kematian dan pertumbuhan tingkat kasus infeksi virus yang parah mulai melambat. Tiongkok memiliki keyakinan penuh dalam memenangkan perang rakyat melawan epidemi, Kong menambahkan.

Memperhatikan bahwa jumlah kasus terinfeksi virus COVID-19 di Jepang meningkat baru-baru ini, Kong mengatakan bahwa Tiongkok akan terus berkoordinasi erat dengan Jepang untuk memberantas virus tersebut.[asa]

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *