Ekonomi AS Terperosok Ke Jurang Resesi Akibat Pandemi

  • Whatsapp
Ilustrasi

INDOPOLITIKA.COM – Pandemi virus corona telah membuat sejumlah negara dunia terjerembab ke jurang resesi ekonomi, termasuk Amerika Serikat (AS). Ekonomi AS terkoreksi cukup dalam pada kuartal II-2020. AS resmi masuk ke jurang resesi.

Dilansir dari AFP, kondisi ini menempatkan AS ke ekonomi terburuk sejak 1947. Penurunan ekonomi disumbang oleh konsumsi rumah tangga yang turun 34,6 persen secara tahunan. Padahal, indikator ini merupakan penyumbang utama ekonomi AS selama ini.

Bacaan Lainnya

Terlihat, spending yang tergelincir cukup dalam adalah health care atau kesehatan dan barang-barang seperti pakaian dan alas kaki.

Laporan dari Departement Perdagangan AS yang baru dirilis, Kamis (30/7/2020) dilansir dari CNBC, Selain faktor konsumsi, ekspor yang turun tajam, investasi dan pengeluaran pemerintah juga mengalami kontraksi. Sementara penurunan investasi terdalam diakibatkan oleh loyonya sektor otomotif.

Sebelumnya, resesi ekonomi juga sudah dialami oleh beberapa negara di dunia. Salah satunya, Jerman.

Pemerintah Jerman mengumumkan pertumbuhan ekonomi minus 10,1 persen. Jerman resmi mengalami resesi ekonomi setelah tumbuh minus 2,2 persen pada kuartal I 2020.

Kontraksi ekonomi Jerman juga menjadi terbesar dan lebih parah dari krisis keuangan 2008-2009.

Tak hanya Jerman, Korea Selatan juga mengalami pertumbuhan ekonomi negatif dua kuartal berturut-turut pada tahun ini. Negeri K-Pop tumbuh minus 1,3 persen pada kuartal I 2020 dan minus 3,3 persen pada kuartal II 2020.

Singapura juga berada di jurang resesi pada kuartal II 2020. Ekonomi Negeri Singa turun 12 persen pada kuartal II 2020 setelah tumbuh minus 0,7 persen pada kuartal I 2020. [rif]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *