Pemerintahan

“Ekonomi Kita Baik, Demokrasi Kita Matang”

JAKARTA – Moeldoko menerima Country Director of Oxford Business Group Ms. Anouk Hummel dan Editorial Manager Perwakilan dari Oxford Business Group Mr. David Sommer Selasa, 4 September 2018 di Gedung Bina Graha, Jakarta. Oxford Business Group sudah berdiri sejak 25 tahun yang lalu dan memfokuskan kepada sektor ekonomi dan inteligen bisnis.

Perwakilan dari Oxford Business Group melakukan wawancara dengan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengenai isu perekonomian dan bisnis di Indonesia yang bertujuan agar komunitas internasional bisa melihat perkembangan perekonomian dan bisnis di Indonesia.

“Ekonomi Indonesia berjalan cukup baik, juga situasi ekonomi global mempengaruhi situasi ekonomi nasional dan juga sebaliknya. Dalam situasi nasional, Indonesia saat ini selalu mengantisipasi agar tidak terjadi defisit,” kata Moeldoko.

Mr. David Sommer bertanya terkait bagaimana pemerintahan sekarang menangani pemilihan presiden 2019. “Sejak awal Indonesia selalu memegang teguh ideologi Pancasila, ada tantangan yang dihadapi seperti radikalisme dan terorisme. Tapi Pemerintah Indonesia akan terus mengedepankan Pancasila menjadi ideologi utama bangsa yang mempersatukan seluruh masyarakat,” jawab Moeldoko.

Kepala Staf Kepresidenan menjelaskan bahwa Indonesia sangat concern dengan ketertiban dunia. Contohnya Indonesia memperjuangkan hak-hak dan mengirim pasukan dalam operasi perdamaian seperti Lebanon, Kongo dan lain – lain. Operasi Kemanusiaan dan juga Operasi Ekonomi adalah salah satu cara Indonesia untuk mengikuti perkembangan global.

Di akhir diskusi Moeldoko menambahkan bahwa demokrasi di Indonesia sudah teruji dengan sangat baik. Contohnya pada saat Pilkada DKI seolah akan terjadi perpecahan kelompok ternyata setelah terpilih pemenangnya semua baik baik saja.

“Ini menunjukkan bahwa demokrasi di Indonesia sudah dewasa. Proses demokrasi yang terjadi di Indonesia belum tentu negara lain bisa lakukan,” tambahnya.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close