Eks Jubir PSI Sebut Imam Bonjol Bukan Pahlawan, Fadli Zon: Politisi Perlu Ngerti Sejarah!

INDOPOLITIKA.COM – Politisi Partai Gerindra, Fadli Zon menyentil eks jubir Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Dedek Prayudi yang menyebut Tuanku Imam Bonjol bukan Pahlawan Nasional, tapi hanya pahlawan daerah.

Fadli mengatakan bahwa Imam Bonjol merupakan Pahlawan Nasional. Ia menegaskan jasa sang pahlawan dalam melawan kolonialisme Belanda telah diakui, bahkan sejak pemerintahan Presiden Soekarno.

Bacaan Lainnya

Fadli membuktikan pernyataannya itu dengan turut memposting foto saat Bung Karno berpidato dalam sidang KNIP pada Maret 1947.

Dalam foto tersebut, di dinding ruangan tempat Bung Karno pidato terpampang foto Imam Bonjol.

“Politisi memang perlu ngerti sejarah. Ini Bung Karno pidato dlm sidang KNIP, Maret 1947. Foto dinding adalah “Pahlawan Nasional” ulama Tuanku Imam Bondjol,” tulis Fadli dalam akun Twitter pribadinya, dikutip pada Selasa (18/1/2022).

Sumber: Twitter Fadli Zon

Fadli mengatakan hal itu membuktikan bahwa Bung Karno saja mengakui bahwa Imam Bonjol merupakan pahlawan Bangsa.

“Biasanya juga dipajang foto P Diponegoro. Dua-duanya berjubah putih. Masih ada yang mau degradasi peran ulama dalam perjuangan bangsa?” sambungnya.

Sebelumnya, cuitan eks PSI Dedek Prayudi menyebut bahwa Tuanku Imam Bonjol bukan pahlawan Nasional, bikin geger warganet.

“Lagian Imam Bonjol bukan pahlawan Nasional, beliau pahlawan daerah. Dan cerita tentang beliau tidak semanis yang diceritakan buku-buku PSBB,” tulis Dedek Prayudi.[fed]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.