Internasional

Eks PM Israel: Hanya Abbas yang Bisa Bawa Kesepakatan Damai

Mantan PM Israel Ehud Olmert. (Foto: AFP).

Tel Aviv: Mantan Perdana Menteri Israel Ehud Olmert mengatakan Mahmoud Abbas merupakan satu-satunya pemimpin Palestina yang mampu membawa kesepakatan damai dengan negaranya. Olmert menambahkan dia sangat menghormati Abbas karena hal tersebut.

"Satu-satunya di antara orang-orang Palestina yang mampu melakukannya dan membuktikan dari masa lalu bahwa dia benar-benar berkomitmen melakukannya (kesepakatan damai) adalah Mahmoud Abbas dan itulah mengapa saya sangat menghormati dia," ucap Olmert, dilansir dari laman AFP, Minggu 23 September 2018.

Dia menambahkan perundingan damai yang ditengahi Amerika Serikat (AS) sudah dibekukan sejak 2014. Pimpinan Palestina itu telah memutuskan komunikasi dengan Gedung Putih usai Presiden AS Donald Trump mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Palestina menuduh Trump bias terang-terangan mendukung Israel. Sementara itu, Olmert yang menjabat sejak 2006 hingga 2009 memberikan tawaran solusi dua negara.

Namun, pejabat Israel menuding Abbas menolak rencana yang diusulkan sang mantan perdana menteri tersebut. Meski demikian, Olmert membantah tudingan kepada Abbas tersebut.

"Presiden Abbas tidak pernah mengatakan 'tidak' kepada rencana saya. Tidak pernah," imbuhnya.

Komentar Olmert tersebut mendapat reaksi dingin dari pemerintah Israel. Menteri Sains dan Teknologi Negeri Bintang Daud, Ofir Akunis mengatakan Abbas telah mempermalukan Olmert.

"Dia bahkan tidak menanggapi usulannya yang menyedikan untuk menciptakan negara Palestina dengan Yerusalem sebagai ibu kotanya," kata Akunis.

Olmert dibebaskan dari penjara pada Juli 2017. Dia menjalani hukuman 16 bulan untuk korupsi selama masa jabatannya sebagai walikota Yerusalem.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close