Email Anda Cepat Penuh? Begini Tips Mengatasinya

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – E-mail atau surat elektronik saat ini sudah menjadi bagian penting dari dunia digital. Hampir semua aplikasi di dunia maya membutuhkan alamat email agar dapat digunakan.

Semakin aktif di dunia maya, misalnya untuk berbelanja online dan melamar pekerjaan yang membutuhkan kontak melalui email, maka kian banyak pula surat yang masuk ke kotak surat atau inbox.

Bacaan Lainnya

Ada kalanya, pengguna menerima email yang belum tentu diinginkan setiap hari sehingga inbox menjadi penuh. Misalnya, usai berbelanja online di e-commerce, pengguna akan mendapatkan email berisi promosi.

Dengan banyaknya pesan masuk yang terkadang tidak bisa kita tidak bisa kontrol lagi. Bahkan, ketika membuka email, sudah banyak sekali email yang masuk dan kesulitan mencari email yang sebenarnya penting. Untuk mengatasinya, berikut untuk bersihkan inbox email;

1. Menggunakan browser extensions atau aplikasi yang bantu menyeleksi email

Memasang browser extensions menjadi hal yang membantu bersihkan inbox. Sudah banyak yang ditawarkan. Terutama jika kita menggunakan web browser Chrome, pasti sudah familier dengan extensions.

Seperti Unroll.me yang bisa membantu kita untuk unsubscribe dalam email dengan sekalinya. Lalu, Checker Plus dapat membantu untuk menghapus dan merespons email tanpa membuka inbox. Namun, menghadirkan email baru dengan tipe pop-up.

2. Unsubscribe email

Langkah selanjutnya, kita bisa memilih untuk unsubscribe terhadap newsletters. Biasanya email yang masuk dalam bentuk newsletters, suka tanpa sadar kita langganan jika masuk ke dalam suatu situs. Pesan yang masuk ke inbox karena berlangganan, juga bisa berasal dari suatu member yang kita terdaftar.

Bila memang kita berlangganan sesuatu sebelumnya, dan merasa terlalu banyak, lebih baik dipilih mana email newsletters yang ingin dibaca, dan yang sudah tidak. Ketika melakukan unsubscribe pada suatu email, jangan merasa takut akan ketinggalan.

3. Hapus email dengan melakukan filter di kolom search dengan kata kunci

Cara ini dirasa cukup mudah untuk dipahami. Anda bisa memasukkan beberapa kata kunci di kolom search pada email. Misalnya, Anda ingin menghapus email masuk yang tidak bisa dibalas.

Pada kolom search, tuliskan “no-reply”. Dengan itu, akan muncul semua pesan email yang masuk ke inbox yang bersangkutan dengan kata kunci tersebut.

Memang cara ini cukup membutuhkan waktu. Tetapi, jika semua pesan dari kata kunci yang memang sudah dibaca atau pesan itu masuk sejak tiga tahun lalu, dengan mudah anda memilih pilihan untuk hapus semua.

4. Hapus atau arsipkan email

Cara ini akan membuat email anda lebih rapi. Untuk melalukan langkah ini, bisa melakukan dari email yang lama atau kembali menuliskan kata kunci di kolom search. Tapi langkah yang lebih baik, mulai dari pesan email yang belum dibaca.

Anda harus menyeleksi dari pesan yang belum dibaca, mana yang penting dan tidak. Jika penting bisa kamu pilih di arsipkan. Kalau tidak, lebih baik hapus. Begitu pula untuk pesan email yang sudah dibaca. Jika penting arsipkan, kalau tidak sebaliknya. Dengan begitu, ke depannya kamu juga harus membiasakan kegiatan ini.

5. Matikan notifikasi email, tapi cek secara rutin

Langkah ini membantu untuk tidak terlalu sering cek e-mail. Terutama untuk anda yang mungkin akan merasa terbebani saat membuka e-mail.

Jika anda biasanya melihat apa yang terjadi di media sosial melalui notifikasi yang melalui email, lebih laik langsung aktif di media sosialnya.

6. Menggunakan filter untuk email yang masuk

Dengan memasang filter, anda bisa membuat kategori untuk email tertentu. Seperti suatu label. Seperti di Gmail, dengan memilih suatu email dan memencet tiga titik, lalu pilih Filter Messages Like These. Dengan melakukan itu anda bisa membuat label dengan subjek, lampiran, konten dan pengirim. [rif]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *