Emak-emak di Riau Demo Gubernur dengan Panci Teplon hingga Rantang Nasi

  • Whatsapp
Demo emak-emak di depan kantor Gubernur Riau, Selasa (24/9)

INDOPOLITIKA.COM-  Puluhan emak-emak di Pekanbaru Riau benar-benar merasa geram dengan Gubernur Syamsuar, yang dinilai tak peka kondisi rakyatnya. Selasa (24/9) emak-emak yang mengatasnamakan diri gerakan perempuan dan rakyat Riau itupun berunjuk rasa di depan kantor Gubernur Riau.

uniknya, saat melakukan aksi ini, mereka membekali diri dengan berbagai perkakas rumah tangga. Misalkan saja panci, teplon kuali, rantang hingga sendok. Mereka meneriakan agar permasalah kabut asap di wilayah tersebut bisa ditanggulangi segera. Sambil memukul perkakas rumah tangga yang dibawa, mereka memanggail nama Gubernur Riau untuk keluar menemui mereka.

Berita Lainnya

Koordinator umum gerakan perempuan dan rakyat Riau melawan asap, Helda Kasmi yang berorasi di atas mobil pickup menyebut, tuntutan mereka yang utama adalah padamkan api. “Selamatkan korban asap di desa dan di kota, bangun pusat rehabilitasi korban asap,” teriak Helda.

Mereka juga menuntut supaya HGU perusahaan bermasalah dicabut dan stop perizinan perkebunan baru yang menjadi penyebab utama asap. “Satgas Karhutla harus menangkap dan mengadili perusahaan yang melakukan pembakaran lahan dan hentikan kriminalisasi terhadap petani kecil,” pintanya.

Helda juga meminta supaya pemerintah melindungi dan memajukan kemampuan rakyat supaya bisa lebih produktif secara bebas di pedesaan. “Kami tak ingin lagi ada korban anak bayi meninggal dunia karena kabut asap. Kami tak ingin lagi ribuan masyarakat menderita karena asap ulah presiden dan Gubernur Riau yang menjadi boneka dan kaki tangan perusahaan pembakar hutan,” teriak Helda.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyentil Gubernur Ria Syamsuar yang sempat pergi ke luar negeri saat wilayahnya dikepung kabut asap beberapa waktu lalu. “Kalau kemarin tidak ada di Riau itu sangat disayangkan. Harusnya dia punya empati sensitivitas lah, masyarakat lagi menderita, ya ditunda kalau hanya sekedar liat pameran,” ujar Mendagri, di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Senin (23/9).[asa]

 

Berita Terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *