NasionalPemilu

Empat Partai Pengusung Jokowi-Maruf Amin Rebutan Kursi Ketua MPR

Posisi kursi ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) mulai diperebutkan beberapa partai politik. Beberapa partai politik secara terang-terang mengincar posisi ketua MPR.

Partai-partai pengususng Jokowi-Maruf Amin paling depan mengincar kursi ketua MPR diantaranya Partai Golkar, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Nasdem, dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartanto mengaku sudah melakukan lobi-lobi untuk posisi ketua MPR ke berbagai partai politik koalisi Indonesia Kerja.

Posisi Ketua MPR juga diincar oleh Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. Cak Imin meminta langsung dukungan dan bantuan Wakil Presiden terpilih Maruf Amin untuk bisa menjadi Ketua MPR.

Tak mau ketinggalan dengan partai lainnya, Partai Nasional Demokrat (Nasdem) juga juga tengah menyiapkan kader untuk ketua MPR. Nasdem salah satu partai yang mendapat kursi banyak di DPR. Nasdem meraih 12.661.792 suara (9,05 persen) atau mendapat Nasdem 59 kursi. Nasdem mengaku akan berdiskusi dulu dengan partai lainnya perihal posisi ketua MPR.

Sekjen PPP Arsul Sani mengatakan pihaknya juga berminat untuk mendapatkan kursi pimpinan MPR. Sebab, posisi pimpinan DPR tidak memungkinkan karena perolehan kursi PPP di parlemen. Arsul menegaskan PPP ogah bermanuver di publik. PPP akan menyampaikan hal tersebut secara resmi dalam forum ketua umum.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Close
Close